Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Auto2000 Menunjukkan Totalitas Dalam Menyajikan La...

Auto2000 Menunjukkan Totalitas Dalam Menyajikan Layanan Pada Pelanggan Dengan Menjalankan Konsep Hansa Renkei

Berita
19 Jul 2019

Auto2000.co.id – Bermodalkan 126 cabang di seluruh Indonesia, Auto2000 mengelola database pelanggan yang begitu besar dan merupakan salah satu keuntungan menjalankan bisnis di era digital karena data konsumen merupakan tools yang sangat ampuh untuk menciptakan peluang dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Pendapatan Auto2000 sendiri berasal dari penjualan atau sales mobil baru Toyota serta aktivitas bengkel, baik servis berkala dan perbaikan teknis (General Repair, GR) maupun perbaikan bodi dan cat (Body and Paint, BP).

Auto2000 menerapkan konsep Hansa Renkei yang dalam bahasa Indonesia berarti harapan pelanggan. Auto2000 melakukan sinergi antara tim sales dan after sales (GR dan BP) untuk memberikan layanan terbaik dan personal pada pemilik Toyota sehingga tersaji pengalaman berkesan dan tidak terlupakan yang membuat pelanggan puas. Dengan begitu, customer tidak akan berpaling dan mempercayakan segala aspek kebutuhan perawatan hingga pembelian kembali mobil baru Toyota kepada Auto2000. Siklus loyalitas ini yang terbukti mampu membuat Auto2000 dapat berkembang baik hingga saat ini.

Secara sistem, kunci kesuksesan pelaksanaan Hansa Renkei terletak pada kepiawaian Auto2000 dalam mengelola big data pelanggan dalam sistem terintegrasi yang bisa dimanfaatkan secara optimal oleh tim sales sebagai pelaksana utama, GR, dan BP. Kolaborasi antara seluruh front liner memberikan kemudahan pada pelanggan untuk mengakses seluruh layanan prima Auto2000 dan menciptakan peluang meningkatkan pendapatan.

Sebagai contoh, sales advisor bisa berperan layaknya konsultan untuk mengingatkan pemilik mobil secara personal waktunya melakukan servis berkala. Atau service advisor GR bisa mengingatkan konsumen yang sedang melakukan servis berkala untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok. Pun tim BP bisa melakukan pendekatan pada customer yang mobilnya rusak parah untuk melakukan pembelian mobil baru. Memanfaatkan integrasi database pelanggan, front liner terkait akan menindaklanjuti prospek yang ada sebagai upaya untuk menyajikan kemudahan pada konsumen dalam memiliki kendaraan Toyota.

Sebagai gambaran, secara nasional sepanjang bulan April 2018 – Juni 2019, Auto2000 memiliki leads atau arahan penjualan 16.802 unit dari service advisor kepada sales advisor, dimana 14.144 diantaranya ditindaklanjuti dan berbuah penjualan sebanyak 624 unit. Atau dalam skala kecil, dari 32 peluang pembelian mobil baru dari service advisor kepada sales advisor di cabang Auto2000 Puri Kembangan, Jakarta Barat selama periode Januari – Juni 2019, 29 customer di-follow-up dan menghasilkan penjualan sebesar 14 unit mobil baru.

Angka tersebut juga menunjukkan bahwa peluang untuk meningkatkan penjualan masih sangat besar. Terbukti dari peningkatan leads atau peluang bulan Juli – Desember 2018 yang hanya 6.202 customer menjadi 10.218 customer di bulan Januari – Juni 2019, atau naik sekitar 65%. Sementara prospek yang dihubungi oleh sales juga meningkat dari 5.438 pelanggan menjadi 8.409 pelanggan, atau naik sekitar 55%.

Data menunjukkan, secara nasional sepanjang bulan April 2018 – Juni 2019, terdapat leads atau peluang servis berkala lewat tim sales sebanyak 607.864 pemilik Toyota, dimana 109.146 orang diingatkan dan 52.820 customer sukses menjalani servis berkala. Atau dalam skala kecil, dari 2.259 orang dalam data konsumen tim sales cabang Auto2000 Puri Kembangan, sepanjang periode Januari – Juni 2019, 535 customer dihubungi untuk melakukan servis berkala.

Mengandalkan Hansa Renkei, terjadi peningkatan jumlah konsumen yang melakukan booking service antara bulan Juli – Desember 2018 yang hanya 38.100 customer menjadi 45.525 customer di bulan Januari – Juni 2019, atau meningkat 19%. Kian menjanjikan lantaran data pelanggan yang melakukan servis berkala di bengkel resmi Auto2000 di periode yang sama berdasarkan follow-up sales naik dari 23.695 orang menjadi 27.678 orang, atau naik 17%.

Dengan strategi layanan Hansa Renkei berbasis database pelanggan, Auto2000 Puri Kembangan menempati posisi kedua dalam pencapaian proyek Performance Hansa Renkei untuk wilayah DKI2 periode Januari – Juni 2019.

“Konsep Hansa Renkei terbukti sukses memberikan pengalaman unik pada pelanggan setia Auto2000 dalam pemilikan kendaraan yang berujung pada kepuasan dan terciptanya loyalitas terhadap merek Toyota dan cabang Auto2000. Konsep ini juga menciptakan sinergi yang optimal dalam menyajikan layanan memuaskan oleh seluruh front liner Auto2000 dan pemanfaatan database pelanggan yang efektif sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan,” jelas Ardian Nur, Operation Manager Auto2000 Wilayah DKI Jakarta 2, saat memberikan informasi seputar Hansa Renkei pada jurnalis daerah di cabang Auto2000 Puri Kembangan, Jakarta Barat, Rabu (17/07/2019).

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.