Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Pilih Mana Nitrogen Atau Angin Biasa

Pilih Mana Nitrogen Atau Angin Biasa

Berita
08 Nov 2019

Dear Auto Family!

Kendaraan Auto Family isi ban memakai Angin Biasa atau Nitrogen? Apa sih perbedaan Angin Biasa dan Nitrogen ?

Nitrogen (N²)merupakan gas udara murni yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Berbeda dengan angin biasa , kandungan gasnya masih ada air. Alhasil, saat ban diisi dengan angin biasa, akan terasa lebih berat karena terjadi proses pemuaian di dalam ban. Sementara kalau diisi dengan angin nitrogen, ban lebih ringan.“Karena di dalam angin biasa kan ada kandungan airnya, jadi saat dia panas air akan menguap. Ban jadi lebih penuh dan pastinya berat, makanya sering terjadi pecah ban. Minimal ban jadi cepat aus karena keberatan,”Karena murni tanpa kandungan air, membuat tekanan ban akan lebih stabil. Dibawa berakselerasi pun jadi lebih ringan.“Jadi memang kalau diisi angin biasa, ban jadi berat dan mudah kempes. Beda kalau pakai angin nitrogen,”

BACA JUGA : Persembahan Auto2000 Untuk Rakyat Indonesia

Ban lebih awet dan tahan lama, lebih jarang menambah angin

Dengan menggunakan nitrogen, tekanan angin ban cenderung lebih stabil ketimbang angin biasa. Hal ini disebabkan partikel molekul nitrogen lebih besar dari molekul angin biasa, sehingga angin sulit untuk keluar dari pori-pori ban.

Hemat BBM, karena laju kendaraan terasa lebih enteng menggunakan ban berisi nitrogen

Dengan butiran nitrogen lebih besar dari angin biasa, angin nitrogen tak cepat berkurang. Hal ini memengaruhi laju kendaraan yang membuat kendaraan apapun lebih hemat bahan bakar. Sebab tekanan angin yang kurang dapat menghambat laju kendaraan sehingga membutuhkan tenaga mesin lebih besar dan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Jika tekanan angin pada ban optimal, maka tapak ban akan menempel lebih sempurna di permukaan jalan sehingga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit sekitar 3,3 persen.

BACA JUGA : Beli Mobil Mendarat ke Rumah dengan Cepat dan Tepat

Tekanan ban tetap stabil, daya cengkram di aspal lebih kuat

Sesuai keterangan sebelumya karena tekanan angin pada ban yang optimal, maka tapak ban akan menempel lebih sempurna di permukaan jalan.

Keselamatan lebih terjamin, tidak perlu takut ban meledak di jalan

Nilai lebih lainnya adalah suhu nitrogen lebih rendah dibandingkan oksigen. Dengan menggunakan nitrogen maka suhu udara dalam ban akan lebih stabil, tidak naik turun, sehingga ban juga terhindar dari risiko meletus akibat kepanasan. Bagi kendaraan yang disimpan dalam jangka waktu cukup lama, udara nitrogen dapat bertahan selama satu hingga tiga minggu lebih lama dibanding angin biasa

BACA JUGA : Pemeriksaan Apa Saja Sih Saat Ambil Paket Check Up

Ban jadi lebih awet

Penggunaan angin biasa dapat menyebabkan karet ban menjadi cepat uzur dan keras karena proses oksidasi. Dengan usia angin nitrogen yang lebih baik, penggunaan ini lebih cocok untuk menemani perjalanan jauh.

Jadi kendaraan Auto Family sudah diisi Nitrogen belum? Untuk pengurasan dan pengisian ulang Nitrogen dapat dilakukan di Auto2000 Pandeglang. Segera Booking untuk memanfatkan layanan kami.

(Firsty N)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.