Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Pengaruh Cetane pada mesin Diesel

Pengaruh Cetane pada mesin Diesel

Berita
12 Sep 2019

Pada pembahasan sebelumnya Auto Family sudah tahu kan “Pengaruh Oktan pada mesin Bensin“. Sekarang pada mesin diesel apa sih pengaruh angka cetane dalam mesin diesel. Angka cetane adalah angka dari 0 sampai 100 yang menunjukkan kualitas pembakaran relatif solar.

Angka ini merupakan salah satu dari sejumlah faktor terukur yang menunjukkan karakteristik keseluruhan dan kualitas solar. Jika semisal bahan bakar diesel terdiri dari cetane murni, maka bahan bakar ini akan memiliki angka 100 yang berarti sangat mudah terbakar.

BACA JUGA : Mau Service tapi Budget Terbatas Yuk kepoin Promo Di Auto2000 Pandeglang

Umumnya, semakin tinggi angka cetane, semakin tinggi kualitas bahan bakar solar. Bahan bakar diesel mengandung ratusan hidrokarbon yang berbeda, sedangkan cetane hanya mengandung satu. Bahan bakar harus menyala saat dikompresi dalam silinder dan karena paling mudah menyala di dalam ruang pembakaran mesin diesel, cetane dipilih sebagai standar untuk menggambarkan kemudahan pembakaran relatif bahan bakar diesel.

Angka cetane dari setiap bahan bakar diesel sebenarnya merupakan rata-rata semua angka cetane dari berbagai hidrokarbon yang ditemukan dalam bahan bakar itu. Sifat mudah terbakar solar akan mempengaruhi kinerja mesin diesel. Bahan bakar dengan angka cetane rendah dapat menyebabkan mesin diesel berjalam lamban dan memiliki emisi yang lebih tinggi akibat pembakaran yang tidak efisien. Angka cetane rendah juga membuat mesin sulit dinyalakan.

BACA JUGA : Tidak Boleh Asal Ganti Oli Matic

Sedangkan bahan bakar dengan angka cetane tinggi menyala lebih cepat serta melakukan proses pembakaran yang lebih efisien, yang pada gilirannya akan meningkatkan tenaga mesin. Lazimnya, mesin diesel akan mencapai pembakaran efisien saat menggunakan bahan bakar dengan angka cetane sekitar 55.

Angka cetane yang lebih tinggi umumnya tidak memberikan tenaga lebih, efisiensi bahan bakar lebih, atau pengurangan emisi, meskipun di beberapa mesin diesel berkinerja tinggi angka cetane yang direkomendasikan dapat mencapai 60. Di seluruh dunia, banyak negara telah menetapkan standar angka cetane minimum untuk bahan bakar diesel yang berkisar antara 40-51. Untuk menentukan angka cetane, bahan bakar diuji menggunakan mesin diesel kompresi variabel yang dirancang khusus.

BACA JUGA : Auto Family Sudah Tahu Arti Dari Kode Oli ini

Di Indonesia sendiri ada Dexlite yang memiliki cetane number minimal 51 dengan kandungan sulfur minimal 1.200 part per milion (ppm). Secara kualitas, Dexlite lebih bagus dari Bio Solar yang menjadi varian terendah solar Pertamina yang punya cetane number 48 dengan kandungan sulfur 3.500 ppm. Kendati demikian, Dexlite kualitasnnya masih di bahwa Pertamian Dex yang punya cetane number  53 dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.