Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Toyota Avanza dan Veloz 2019
Home - Berita - Cara Merawat Bodi Mobil Toyota Avanza Warna Hitam

Cara Merawat Bodi Mobil Toyota Avanza Warna Hitam

Berita
10 Aug 2019

Auto2000.co.id – Mobil keluarga Toyota Avanza punya pilihan warna hitam karena identik dengan kesan mewah dan elegan. Kelir ini menjadi opsi beserta 7 warna lain di Toyota Avanza yang dijual di dealer resmi Auto2000.

Masalahnya, warna hitam itu punya sifat menyerap cahaya sehingga bila ada baret atau kotoran dapat langsung terlihat dengan jelas. Ini yang membuat mobil Anda gampang terlihat kusam, apalagi kalau malas membersihkannya.

Oleh sebab itu, selalu sempatkan untuk membersihkan mobil kesayangan Anda yang berwarna hitam. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat merawat mobil berwarna hitam ini.

BACA JUGA : Ada Hadiah Oli Gratis, Bengkel Resmi Auto2000 Buka di Hari Minggu

1. Cuci di pagi atau sore hari

Tidak mesti di waktu pagi atau sore hari, yang terpenting adalah hindari dari sengatan sinar matahari langsung. Terpaan sinar matahari secara langsung membuat air di bodi mobil mudah menguap.

Masalahnya, kotoran yang tertinggal lantas menetap dan menempel di permukaan bodi mobil karena belum sempat diseka. Ini yang biasa disebut sebagai jamur bodi mobil karena bentuknya seperti penampang jamur.

Tapi hindari pula mencuci mobil di malam hari. Ketiadaan panas membuat proses pengeringan berjalan lambat dan bodi mobil menjadi lembab.

Nah, begitu besoknya terkena sinar matahari, permukaan bodi yang masih basah tersebut akan langsung mengering dan meninggalkan bercak berupa jamur di bodi mobil.

BACA JUGA : Daftar Modifikasi Mobil Keluarga Avanza Yang Bisa Menimbulkan Masalah

2. Siram dulu bodi mobil

Jangan langsung mengelap mobil sembari menyemprotkan air bersih. Ini karena masih banyak kotoran yang menempel di bodi mobil.

Semprot dulu bodi mobil dengan air bertekanan agar kotoran rontok, terutama yang sangat halus seperti partikel debu. Walau halus, debu bisa menimbulkan baret saat diseka.

3. Perhatikan teknik mengelap

Lakukan proses mengelap dengan gerakan searah dan kain sedikit diangkat di bagian akhir untuk mengangkat kotoran yang terjaring. Jangan pula melakukan gerakan memutar lantaran akan menimbulkan baret halus yang bentuknya memutar (swirl mark).

BACA JUGA : Musim Kemarau dan Banyak Polusi, Pastikan Kebersihan Filter Kabin AC Mobil

4. Hindari sabun deterjen

Sabun jenis ini efektif untuk mengikis kotoran dari permukaan bodi mobil. Sayangnya, dalam jangka panjang malah akan mengikis permukaan cat mobil.

Alhasil mobil hitam Anda malah jadi terlihat kusam dan seperti tidak pernah dirawat. Oleh sebab itu hindari penggunaan sabun jenis ini dan pakai sampo khusus mobil yang banyak dijual di pasaran.

5. Pastikan kering sempurna

Anda mesti memastikan mobil keluarga Toyota Avanza hitam Anda dalam kondisi benar-benar kering setelah dicuci. Untuk itu gunakan kain mikrofiber di tahap finishing.

Perhatikan pula celah atau sudut sulit seperti tutup tangki bensin, celah sambungan antar panel atau sela-sela pintu mobil. Bagian ini kerap terlupakan dan berpotensi meninggalkan jejak jamur.

BACA JUGA : Dilarang Beroperasi di Jakarta, Tukar Tambah Mobil Tua Anda di Auto2000

6. Hindari kemoceng

Masih banyak orang menggunakan kemoceng dengan bahan bulu untuk membersihkan bodi mobil. Padahal bahan jenis ini punya potensi menimbulkan baret halus di bodi mobil karena ada bagian yang tajam dan keras.

7. Paint protection

Tidak ada salahnya Anda rutin memoles mobil ke salon mobil langganan. Biasanya di akhir proses pemolesan akan diaplikasikan paint protection. Langkah ini sangat baik untuk memulihkan lapisan pelindung (pernis) di cat mobil.

8. Perbaiki bodi mobil yang rusak

Segera bawa ke bengkel resmi Auto2000 jika bodi mobil Toyota Avanza hitam Anda rusak karena kecelakaan. Jangan ditunda, selain membuat tampang mobil Anda tidak enak dilihat, ada risiko kerusakan merembet ke bagian lain.

Tim teknisi dengan kualifikasi Toyota global di bagian Body & Paint akan memastikan bodi mobil MPV keren ini kembali tampil berkilau layaknya mobil baru. Apalagi bengkel resmi Auto2000 juga memiliki peralatan modern dan canggih.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.