Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Belajar Lintas Generasi Toyota (Kijang) Innova
Home - Berita - Belajar Lintas Generasi Toyota (Kijang) Innova

Belajar Lintas Generasi Toyota (Kijang) Innova

Berita
08 Oct 2019

Auto2000.co.id – Kisah sukses Toyota Kijang Innova hingga kini terkenal dengan julukan mobil idaman keluarga, tak lepas dari nama di depannya, yakni Kijang. Toyota Kijang lahir pertama kali dalam konsep Basic Utility Vehicle (BUV) pada 1977.

Setelah beberapa generasi, akhirnya Toyota Kijang berevolusi menjadi Innova yang secara DNA masih tetap menggunakan nama Kijang.

2004 – 2008

Kemunculan Innova generasi pertama lahir pada 2004 sampai 2008 yang hadir jauh lebih mewah dari versi-versi sebelumnya. Kijang Innova generasi pertama datang menggunakan mesin VVT-i 2.000 cc 1 TR-FE dengan tenaga 134 dk.

Sedangkan versi diesel D4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection 2.500 cc dengan enam varian, mesin ini hanya tersedia pada varian E, G, dan V. Pilihan tranmisi otomatis hanya tersedia pada tipe G dan V.

BACA JUGA : Cara Beli Kredit Toyota Rush

Untuk tipe E sudah menggunakan lapisan jok fabric yang kemudian dilengkapi dengan empat speaker. Tipe G juga dilengkapi empat speaker dan dua tweeter, plus ada high adjuster untuk pengaturan jok.

Untuk opsi tambahan, ada pilihan layar monitor di plafon 8 inci, khusus pada varian G Luxury.

Fitur paling lengkap ditawarkan oleh tipe V. Varian teratas itu, sudah dihiasi aksen wood panel dan balutan kulit sintetis pada interior.

Bahkan varian ini juga telah menggunakan AC digital dan Multi Information Display (MID) yang memungkinkan pengendara mendapat informasi seputar kendaraan dalam satu layar.

BACA JUGA : Tips Cara Mengemudi Saat Ada Demo di Jalan

Menariknya, pada tipe V Luxury juga sudah dilengkapi captain seat di baris kedua. Sementara eksterior sudah mendapat banyak aksesori tambahan yang lebih mewah dari varian-varian lainnya.

2008 – 2011

Periode 2008 – 2011, Toyota memberikan penyegaran pada Kijang Innova. Desain gril diberikan sentuhan krom dengan model empat garis horizontal. Termasuk ubahan pada desain lampu utama dan belakang, serta lekukan bumper modern.

Pada 2009, Toyota menawarkan Innova varian terendah, yakni tipe J. Secara fitur, model ini hanya dilengkapi dengan AC depan, power steering, power window, dan pelek 14 inci, sementara perangkat audio absen.

Toyota kemudian menyegarkan Innova ke periode facelift kedua, medio 2011-2013.

BACA JUGA : Benarkah Kode Produksi Ban Sebagai Tanda Ban Tidak Layak Pakai?

Innova menawarkan tampilan lebih segar pada ekterior dengan menggunakan lima garis horizontal dilapis krom. Model lampu depan juga diganti dengan ujung yang seakan bersayap dan berpadu dengan fog lamp.

Pada penyegaran kedua ini, Innova tipe J telah dilengkapi head unit double DIN, plus empat speaker, AC double blower, pelek kaleng 14 inci, wiper belakang, dan wiper intermittent.

2013 – 2015

Perjalanan Innova berlanjut ke periode fecelift ketiga, pada 2013 – 2015. Dalam masa ini, semua varian Kijang Innova langsung dilengkapi dual SRS Airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner, dan force Limiter.

Sementara untuk tampilan kembali diberikan sentuhan baru dengan desain yang lebih lebar lengkap dengan body kit underguard, serta cover fog lamp baru yang membuatnya lebih berkelas.

BACA JUGA : Cara Bikin Harga Innova Bekas Tetap Tinggi

Model ini menjadi versi terakhir hingga akhirnya Toyota mengeluarkan versi all new dengan julukan Kijang Innova Reborn, pada 2016.

Innova Reborn

Konsep ubahan pada Innova Reborn bersifat menyeluruh alias berstatus all new. Tak ada lagi tampilan bulat pada bagian depan, seluruh strukturnya dibuat lebih padat dengan garis-garis semi kotak, baik dari tampang depan, samping, sampai belakang.

Pada tipe Q, Toyota membenamkan LED Projector, serta beberapa ornamen pemanis suasana lainnya. Seperti lis krom sebagai pemanis di bagian bawah gril, gagang pintu, cover spion, side body moulding, garnish belakang berlapis krom, juga penambahan rear diffuser.

Sementara, untuk Innova Reborn varian G dan V masih bertahan dengan lampu halogen multireflector, dilengkapi DRL LED, gril berbentuk segi 6 besar dan penempatan lampu sein unik di samping fog lamp.

BACA JUGA : Mau Booking Service Auto2000 Pakai Whatsapp? Yuks Tasia Bantu

Pelek pada tipe G dan V berdiameter 16 inci berkelir silver, dan untuk tipe Q menggunakan 17 inci dengan desain palang 5 baru. Sistem pengeraman depan menggunakan cakram, sementara belakang masih teromol di semua tipe.

Kaca spion Kijang Innova untuk tipe G sudah elektrik dengan warna senada bodi. Sementara untuk tipe V dan Q ditambah retractable mirror, dan welcome light.

Masuk ke interior, Innova generasi baru juga dirancang lebih modern dan futuristik mengikuti tampilan luarnya. Tatanan dasbor serta ragam panel fungsi dirancang agar ergonomis sehingga mudah dijangkau.

BACA JUGA : 6 Alasan All New Toyota Corolla Altis Pantas Untuk Eksekutif Muda Perkotaan

Perbedaan antar tipe juga terlihat di kabin. Untuk tipe G dan V, jok menggunakan bahan fabric warna coklat dengan motif loreng, untuk Q menggunakan jok fabric dengan warna hitam.

Head unit yang digunakan pada tipe G juga lebih kecil yaitu 7 inci, sedangkan tipe V 8 inci dengan fitur lebih lengkap.

Pengaturan head unit dapat dilakukan melalui tombol pada setir, karena audio steering switch sudah ada pada varian G sekalipun. Pengaturan setir sudah fleksibel dengan tilt dan telescopic.

Untuk MID, tipe G masih menggunakan layar monokrom dan tipe V sudah full colour. Pengaturan AC untuk tipe G juga masih menggunakan kenop, sementara untuk tipe V sudah digital.

BACA JUGA : Ini Sebab Pintu Geser Mobil Toyota Harus Rutin Dirawat]

Menariknya, mulai dari tipe G ini sudah ada fitur mode berkendara yang bisa diatur sendiri, yakni ECO mode dan Power mode. Pada baris kedua, khusus pada tipe V, terdapat meja kecil di belakang kursi pengemudi. AC juga sudah double blower untuk semua tipe.

Pada tipe Q, terdapat panel kayu yang menghiasi dasbor, dan juga setir. Setir untuk tipe Q sudah dibalut bahan kulit agar lebih mewah.

Varian mesin masih ditawarkan dalam dua jenis, yakni bensin 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc dan diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc lengkap dengan VNT Intercooler.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.