Loading...
Auto2000 Mobile
Lebih nyaman dengan Auto2000 mobile.
Booking servis tidak pakai antri!
Nanti saja »
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Sudah Paham Seberapa Penting Fungsi Seatbelt?

Sudah Paham Seberapa Penting Fungsi Seatbelt?

Berita
04 Dec 2018

Setelah membahas mengenai fungsi dan cara kerja airbag, pemilik mobil juga perlu mengenal peran penting dari sabuk kemanan atau setbealt. Sama dengan airbag, seatbelt pun berfungsi sebagai fitur keamanan pasif yang akan memberikan perlindungan bagi pengendara dan penumpang saat terjadi benturan.

Jauh sebelum airbag menjadi fitur keamanan yang wajib, seatbelt sudah lebih dulu diterapkan. Termasuk pada jajaran produk Toyota, baik dari model New Agya sampai Alphard sudah mengaplikasi sabuk pengawanan baik di sisi pengemudi mapun di kursi baris kedua atau ketiga.

Sabuk pengaman dirancang untuk menahan posisi pengendara atau penumpang agar berada pada posisinya. Umumnya pada bagian pengendara seatbelt yang diterapkan menggunakan sistem tiga titik, dengan begitu seatbelt akan menyebarkan energi dari tubuh yang bergerak dalam situasi tabrakan ke bagian dada, selangkangan, dan bahu.

BACA JUGA : Jangan Anggap Remeh Untungnya Servis di Auto2000

Seatbelt jadi salah satu alat keselamatan utama pada tiap kendaraan, karena itu wajib digunakan bukan hanya untuk pengendara tapi semua penumpang. Saat kendaraan terjadi bentuan sebelum airbag mengembang, seatbelt yang akan bekerja lebih dulu menahan posisi tubuh agar tidak terhempas ke depan atau belakang,” kata Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, beberapa waktu lalu.

Menurut Suparman, selain seatbelt, Toyota juga sudah mengaplikasi fitur seatbelt warning pada tiap model. Perangkat ini berfungsi sebagai tanda atau memberikan informasi bagi pengendara untuk memasang seatbelt sebelum mengemudi.

BACA JUGA : Jangan Sampai Rela Basah-basahan Karena Mobil Mogok

Bila pengendara lupa untuk memasang seatbelt, lampu indikator pada speedometer akan terus-menerus berkedip sampai seatbelt dipasang.Suparman juga mengingatkan bagi penumpang untuk tidak malas atau menganggap sepele fungsi seatbelt pada baris kedua dan ketiga, karena saat terjadi benturan mobil bisa terpental ke arah mana saja.

“Pada semua model sudah kita sertakan seatbelt warning. Sedangkan untuk jenisnya, sampai baris penumpang kita terapkan seatbelt tiga titik yang mampu menahan tubuh agar tidak terpental saat benturan terjadi. Seatbelt ini penting bukan hanya bagi pengendara tapi juga bagi penumpang di tengah karena kita tidak pernah tahu dar arah mana benturan akan datang,” kata Suparman.

Berdasarkan beberapa pembahasan di media asing, peran penting seatbelt belakang ternyata cukup vital. Karena dengan ruang tengah yang cukup lapang justru memungkinkan bagi penumpang terpental ke berbagai arah saat terjadi benturan, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa sampai menembus kaca depan.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.