Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Sebelum Balik Mudik, Cek Empat Cairan Penting Ini
Home - Berita - Sebelum Balik Mudik, Cek Empat Cairan Penting Ini

Sebelum Balik Mudik, Cek Empat Cairan Penting Ini

Berita
12 Jun 2019

Auto2000.co.id – Usai menempuh perjalanan jauh sampai ke kampung halaman, baiknya Anda kembali melakukan pengecekan mobil sebelum balik ke kota.

Bukan hanya sekitar komponen saja, tapi wajib hukumnya juga untuk memperhatikan beberapa cairan yang berperan penting pada kendaraan.

Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, mengatakan, ada beberapa cairan penting yang wajib dilakukan pengecekan sebelum mobil kembali digunakan menuju tempat tinggal.

“Cairan yang wajib Anda periksa sesudah sampai dan akan kembali lagi itu seperti oli mesin, minyak rem, radiator, dan yang tak kalah penting juga air wiper,” jelasnya.

BACA JUGA : Begini Cara Tasia Bantu Hitung Kredit Beli Mobil Baru di Auto2000

“Semua itu bisa dipantau sendiri tanpa harus ke bengkel, bila memang sudah berkurang baiknya di tambah,” ucap Suparman.

Radiator

Mengecek air radiator menjadi hal wajib yang dilakukan setiap sebelum memanaskan mesin mobil. Cek seberapa banyak air yang ada pada radiator, Anda bisa melakukan dengan membuka kap mesin lebih dulu.

Lihat kondisi reservoir atau wadah penampungannya. Menurut Suparman, bila sudah berkurang, amannya langsung ditambah, namun usahakan untuk menggunakan cairan khusus radiator bukan sekadar air mineral.

Minyak rem

Pada umumnya minyak rem di mobil mampu bertahan hingga dua atau tiga tahun. Tapi sayangnya banyak pemilik mobil yang tidak pernah mengganti minyak rem saat melakukan perawatan berkala.

BACA JUGA : Waspadalah! Inilah 6 Cara Aman Mengemudi Mobil Saat Musim Hujan

Padahal, minyak rem merupakan salah satu bagian dari sistem keamananan yang tak boleh diabaikan.

“Ini bisa dilihat dari volume reservoir-nya. Lihat seberapa ketinggiannya, bila semua masih dalam batas standar berarti normal,” jelas Suparman.

“Tapi kalau sudah berkurang baiknya diisi ulang, saya sarangkan untuk yang ini langsung ke bengkel saja bisa sekaligus dilakukan pengecekan menyeluruh soal rem,” katanya.

Wiper

Meski jarang digunakan, tapi cairan wiper menjadi salah satu cairan yang tak kalah penting untuk dicek sebelum melakukan perjalanan jauh. Caranya cukup mudah karena tangkinya berada di bawah kap mesin.

BACA JUGA : Dapat Oli Gratis, Ini Sebab Servis Berkala di Bengkel Auto2000 Penting

Sama dengan cairan lainnya, tinggal buka dan lihat seberapa banyak volumenya. Bila dirasa cukup tidak perlu ditambah, tapi kalau mau ditambahkan jangan menggunakan air sabun biasa, baiknya gunakan cairan khusus wiper.

Oli mesin

Hal ini juga bisa dilakukan sendiri oleh pemilik mobil. Tinggal melihat dari dipstik atau tongkat takaran oli yang ada di ruang mesin. Bila posisinya masih di tengah-tengah antara E (empty) dan F (full) berarti kondisinya normal.

Tak perlu ditambahkan, kalau pun ternyata berkurang, lebih baik jangan asal main menambahkan sendiri, justru akan berisiko bila ternyata volumenya kelebihan.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.