Loading...
Email
Password
lupa password? klik disini
RESET PASSWORD
belum punya akun?

Auto2000.co.id – Produk Toyota seperti Toyota Calya dan Toyota Avanza dikenal sebagai mobil irit BBM dan andal dipakai untuk perjalanan jauh seperti mudik lebaran.

Meski demikian, tetap saja mobil MPV kesayangan Anda tersebut butuh untuk isi ulang bahan bakar di SPBU atau rest area tol yang punya pom bensin.

Masalahnya, sebagian dari masyarakat masih kerap alpa beberapa hal mendasar mengenai aturan saat mengisi bahan bakar di SPBU.

Padahal, satu kesalahan kecil saja bisa berakibat pada masalah besar seperti memicu kebakaran. Bisa dibayangkan jika itu terjadi di pom bensin yang berada di rest area yang sedang penuh oleh pemudik.

Mengingat pentingnya urusan safety dan demi kenyamanan semua pihak, inilah beberapa tips mudik ringan seputar aturan di pom bensin bagi pengguna mobil.

BACA JUGA : Waspadalah! Inilah Gejala Microsleep Yang Bisa Bikin Mudik Lebaran Anda Berantakan

1. Kecepatan maksimal 5 km/jam

Ini untuk menghindari risiko kecelakaan saat mobil Anda manuver. Selain tentunya menjaga jika sampai terjadi kecelakaan tidak berakibat fatal lantaran efek tabrakannya tidak terlalu besar.

2. Jaga jarak aman

Jangan samakan antrian mengisi bensin dengan antrian saat Anda kena macet di jalan. Cobalah untuk menjaga jarak aman dengan mobil lain di depan.

Tujuannya, jika sampai terjadi sesuatu hal, masih cukup ruang bagi Anda untuk melakukan manuver atau menghindar.

BACA JUGA : Antara Hidup dan Mati, Lakukan Ini Agar Anda Terhindar Dari Microsleep Saat Mudik Lebaran

3. Dilarang pakai hape

Kelihatannya sepele, namun sinyal yang dipancarkan oleh gadget Anda sanggup memicu terjadinya percikan api saat bertemu uao bensin. Dan itu sudah cukup untuk menimbulkan kebakaran.

Uap bensin menjalar dari celah antara nozzle pengisian dan lubang tangki bensin yang sedang melakukan pengisian bahan bakar. Saat bertemu energi listrik dari sinyal hape, potensi terbakar bisa muncul.

4. Dilarang memperbaiki kendaraan

Jika mesin mobil Anda bermasalah, silakan tanya petugas pom bensin dimana area yang bisa dipakai untuk mengecek kondisi mesin mobil.

Meskipun jauh dari tempat pengisian BBM, namun jangan lupa bahwa di pom bensin ada tangki penyimpanan di dalam tanah.

BACA JUGA : Auto2000 Siapkan 12 Pos Jaga dan 4 Bengkel Siaga 24 Jam Sambut Mudik Lebaran 2018, Ini Lokasinya

Dan tangki itu memiliki lubang hawa yang mengeluarkan uap bensin. Saat Anda memperbaiki mesin mobil, ada potensi timbulnya percikan api.

Buat pengguna Toyota, cobalah lihat apakah di rest area yang Anda kunjungi ada Pos Jaga 24 Jam milik Auto2000. Disana Anda bisa melakukan pengecekan kendaraan dengan tenang sembari beristirahat.

5. Matikan mesin sebelum isi bensin

Ini juga merupakan prosedur standar yang selalui diingatkan oleh petugas SPBU tapi masih sering diabaikan oleh pengguna mobil.

Sederhana saja, mesin mobil yang menyala bisa memicu terjadinya percikan api saat bertemu uap bensin. Apalagi bila ada masalah di sistem kelistrikan mobil Anda.

BACA JUGA : Serba Gratis, Auto2000 Sediakan Fasilitas Ini Untuk Pemilik Mobil Toyota di 12 Pos Jaga Mudik Lebaran 2018

6. Lepaskan safety belt

Sebenarnya melepaskan safety belt atau sabuk pengaman tidak ada korelasi langsung dengan risiko terpicunya api di pom bensin. Ini dilakukan semata jika sampai terjadi kondisi darurat, penumpang bisa dengan cepat keluar dari mobil.

Saking paniknya penumpang justru sering kesulitan membuka safety belt karena secara otomatis akan mengunci saat diberi tekanan oleh tubuh. Sehingga membuatnya kian sulit untuk dibuka.

7. Pastikan nozzle BBM menempel lubang tangki

Cobalah perhatikan saat petugas SPBU mengisi bahan bakar ke dalam tangki bensin mobil Anda. Pastikan nosel pengisi BBM menyentuh mulut tangki untuk menghindari timbulnya listrik statis yang bisa menyulut api.

BACA JUGA : Bisa Servis Berkala, Inilah Daftar Layanan Pos Jaga Auto2000 Pada Mobil Toyota Anda Saat Mudik Lebaran

8. Pastikan tidak ada sisa bensin di tutup tangki

Pastikan operator SPBU tidak mengangkat nozzle jika masih ada bensin yang menetes. Tunggu hingga bahan bakar benar-benar berhenti mengalir.

Waspada bila tercium bau bensin yang menyengat padahal tutup tangki sudah ditutup rapat. Jangan nyalakan mesin dan minta tolong petugas untuk mendorong mobil ke lokasi yang lebih aman.

Selesai mengisi bensin jangan langsung jalan lagi. Carilah tempat parkir untuk istirahat, makan, atau ke toilet.

Paling nyaman jika di rest area tersebut ada Pos Jaga Auto2000. Silakan mampir untuk istirahat dan menikmati fasilitas yang disajikan secara gratis.

Newsletter
Dapatkan update terbaru mengenai informasi produk dan promosi langsung di email anda.
Name
Email

BERITA TERKAIT

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.