Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Pakai Jalan Tol Trans Jawa, Perhatikan 4 Hal Ini Saat Liburan Pemilu 2019
Home - Berita - Pakai Jalan Tol Trans Jawa, Perhatikan 4 Hal Ini S...

Pakai Jalan Tol Trans Jawa, Perhatikan 4 Hal Ini Saat Liburan Pemilu 2019

Berita
11 Apr 2019

Auto2000.co.id – Setelah menggunakan hak pilih di rumah, Anda bisa libur panjang pada tanggal 17 – 21 April 2019 kalau di tanggal 18 April ambil cuti. Saat yang pas untuk berkendara menggunakan Toyota kesayangan di tol trans Jawa.

Seperti diketahui bersama, tol trans Jawa sudah menghubungi nyaris seluruh bagian pulau Jawa dari Barat ke Timur. Makanya Anda bisa bawa mobil dari Jakarta ke Surabaya nonstop di dalam tol tersebut.

Masalahnya, baik Anda maupun mobil kesayangan harus dalam kondisi fit saat melintas mengingat kondisi jalan yang mulus dan waktu tempuh yang panjang. Lengah sedikit, nyawa taruhannya.

Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal berikut ini supaya perjalanan Anda menggunakan mobil Toyota saat libur pemilu 2019 dapat berlangsung aman dan nyaman.

BACA JUGA : Bikin Kagum, Ini Beda New Avanza dan New Veloz Dari Pendahulunya

  1. 1. Fisik pengendara

Seorang sopir hanya bisa berada di balik kemudi maksimal 4 jam lamanya. Lebih dari itu, ia wajib diganti dengan pengemudi baru yang lebih segar. Atau minimal sekali, Anda tidur sekitar 1 jam di rest area.

Masalahnya, pasti banyak di antara Anda yang mengemudi sendirian. Oleh sebab itu pastikan tubuh dalam kondisi terbaik dengan menjalani tidur yang cukup dan berkualitas sejak beberapa hari sebelum berangkat.

Istirahat tidur yang tidak optimal menyebabkan rasa mengantuk berlebih di luar waktu istirahat. Otak merasakan kelelahan tapi terpaksa bertahan supaya Anda tetap terjaga. Dan ini sangat berbahaya kalau dibiarkan.

Lakukan senam ringan sebelum berkendara agar otot tidak kaku. Atur posisi duduk senyaman mungkin tapi tetap dapat mengendalikan mobil dengan baik. Buat diri Anda senyaman mungkin.

BACA JUGA : Wajib Paham! Ini Alasan Ban Mobil Anda Harus Spooring dan Balancing

  1. 2. Kondisi mobil

Hal pertama dan utama dari mobil yang wajib Anda cek adalah ban karena Anda menyerahkan tanggungjawab di jalan pada si karet bundar. Jika sampai ia bermasalah, potensi kecelakaan siap terjadi kapan saja.

Yang terutama dan terpenting adalah ban. Lakukan pengecekan tekanan angin ban sesuai rekomendasi di pagi hari dan mobil belum dipakai beraktivitas.

Periksa pula kondisi fisik ban. Perhatikan bila ada kerusakan di dinding atau telapak ban. Jangan lupa pula memeriksa ban serep dan perlengkapan darurat untuk ganti ban.

Cek cairan mobil seperti air radiator, oli mesin dan transmisi, air wiper, oli power steering, dan minyak rem. Pastikan volumenya sesuai ketentuan dan tidak ada kebocoran.

BACA JUGA : Ini Fitur Auto2000 Mobile Yang Dipakai Motivator Terkenal Merry Riana

  1. 3. Isi penuh bensin

Sebenarnya di tol trans Jawa ada rest area dan sudah ada pom bensin. Tapi masalahnya, bisa jadi banyak pengemudi lain melakukan ritual sama di rest area tersebut sehingga menyebabkan antrian panjang.

Makanya, isi penuh bensin mobil Anda sebelum masuk tol. Atur strategi kapan waktu isi ulang BBM dengan memanfaatkan fitur MID di mobil.

Atau bisa juga dengan menggunakan strategi keluar di pintu tol tertentu dan isi bensin di SPBU terdekat. Contoh sederhana saat Anda berkendara dari Jakarta ke arah Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Saat masuk kota Cirebon, rata-rata sudah menempuh perjalanan 3 – 4 jam. Nah, Anda bisa mampir sejenak ke kota ini karena banyak sajian kuliner enak. Jadi sekalian isi bensin, bisa makan dan wisata supaya tidak bosan di jalan.

BACA JUGA : Begini Cara Ngobrol Dengan Tasia Kalau Mau Beli Mobil Baru di Auto2000

  1. 4. Patuhi aturan dan jaga emosi

Jangan karena kondisi jalan tol yang masih mulus dan lalulintas relatif lancar membuat Anda berkendara seenaknya. Anda wajib patuh pada batas kecepatan maksimal kendaraan yang telah ditetapkan.

Patuhi rambu lalulintas dan ikuti arahan petugas polisi yang bertugas di lapangan. Patuhi pula marka jalan demi tertib lalulintas dan mereduksi risiko kecelakaan.

Tidak perlu emosi saat terjebak macet karena pengguna jalan lain juga mengalami hal yang sama. Kalau ada pengemudi lain yang agresif, Anda tidak perlu ikut kepancing emosi.

Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan supaya Anda punya celah untuk manuver saat kondisi darurat. Kebiasaan berkendara bumper to bumper seperti saat berjalan di dalam kota wajib dihindari.

BACA JUGA : Bukan April Mop, Modal Rp 5 Juta Anda Bisa Beli New Avanza di Auto2000

  1. 5. Siapkan kartu e-Toll

Syarat  mutlak untuk dapat menggunakan jalan tol trans Jawa adalah saldo kartu e-toll yang cukup. Minimal Anda harus pegang dua kartu sebagai cadangan jika ada masalah.

Isi kartu pertama dengan saldo yang besar semisal Rp 1 juta dan kartu kedua lebih rendah sekitar Rp 500 ribu. Jangan takut tidak habis terpakai karena kartu ini juga bisa dipakai untuk belanja di mini market dan tidak ada kadaluarsa.

Letakkan kartu di lokasi yang mudah dijangkau dan tidak gampang jatuh atau tercecer.

Hati-hati dengan gerbang tol yang memberlakukan sistem tap in dan tap out di gerbang masuk dan keluar karena hanya bisa dilakukan dengan kartu yang sama (1 kartu).

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.