Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Mobil Terbakar Sendiri, Hindari Ini Untuk Cegah Terjadi di Mobil Anda
Home - Berita - Mobil Terbakar Sendiri, Hindari Ini Untuk Cegah Te...

Mobil Terbakar Sendiri, Hindari Ini Untuk Cegah Terjadi di Mobil Anda

Berita
09 May 2019

Auto2000.co.id – Beberapa waktu lalu sempat terjadi mobil terbakar sendiri di jalan tol. Kejadian tersebut biasanya berakibat fatal karena mobil tidak bisa diselamatkan lagi.

Sebenarnya potensi mobil terbakar sendiri berawal dari perilaku Anda terhadap mobil kesayangan. Karena lupa, ceroboh, atau tidak peduli, malah menyebabkan mobil terbakar.

Supaya tidak terjadi di mobil Anda, jangan lakukan hal berikut ini di mobil Toyota Anda. Harap waspada karena umumnya berawal dari hal sepele.

  1. 1. Meletakkan barang mudah terbakar di dalam ruang mesin

Mungkin Anda pernah kelupaan meletakkan kain bekas mencuci mobil di dalam kap mesin. Atau meletakkan kain bekas membersihkan spare part secara sembarangan sehingga tertinggal di dalam ruang mesin.

BACA JUGA : Awas Serangan Microsleep, Lakukan Ini Saat Mengemudi di Bulan Puasa

Poinnya adalah, hindari meletakkan barang-barang yang mudah terbakar di dalam kap mesin. Sebut saja lap, sarung tangan, busa, dan plastik.

Benda tersebut jika terkena sumber panas seperti pipa knalpot bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Makanya, setelah membuka kap mesin, periksa setiap sudut untuk memastikan tidak ada yang tertinggal.

  1. 2. Memodifikasi mobil

Perhitungkan baik-baik jika Anda mau melakukan modifikasi kendaraan. Apalagi yang menyangkut sistem kelistrikan mobil seperti mengubah sistem audio.

Silakan berdiskusi dengan teknisi bengkel resmi Auto2000 untuk memperhitungkan segala risiko yang bisa terjadi. Dengan senang hati, service advisor Auto2000 akan memberikan masukan yang detail dan jelas.

BACA JUGA : Begini Cara Jaga Emosi Saat Mengemudi di Bulan Puasa

Salah satu contoh modifikasi yang berpotensi dapat menyebabkan kebakaran adalah mengubah lampu utama atau foglamp dengan alasan kurang terang.

Meski sepele, namun modifikasi tersebut mengubah beban kelistrikan mobil. Apalagi bila modifikasi dilakukan dengan cara yang kurang baik dan rapi.

Dan jangan lupa, modifikasi pada komponen mobil dapat menyebabkan garansi gugur bila suatu saat Anda mengklaim suatu kerusakan dan ternyata sebabnya adalah perubahan teknis tersebut.

  1. 3. Tidak peduli oli mesin

Karena sesuatu hal, bisa saja terjadi kebocoran pada oli mesin. Tetesan oli mesin dapat terbakar bila mengenai bidang panas seperti pipa knalpot.

BACA JUGA : Begini Cara Jaga Kondisi Fisik dan Konsentrasi Mengemudi Saat Puasa

Di samping itu, jika Anda tidak rutin mengganti oli sesuai ketentuan, maka senyawa kimia dalam oli akan berubah.

Perubahan tersebut akan berimbas pada mesin yang jadi cepat panas, komponen di dalamnya aus, dan berpotensi terjadi kebakaran jika terpercik.

Oleh sebab itu lakukan servis berkala di bengkel resmi Auto2000. Selain rutin mengganti oli setiap servis berkala, area mesin juga dicek untuk melihat risiko kebocoran dan kerusakan sistem oli, bahan bakar, dan kelistrikan.

  1. 4. Parkir dekat sumber api

Karena buru-buru, bisa saja ketika parkir Anda tidak sadar bahwa di sebelah mobil ada sumber api, seperti tempat sampah.

BACA JUGA : Bisa Dapat Hadiah Oli Gratis, Tips Ini Bantu Anda Selamatkan Mesin Mobil Dari Risiko Turun Mesin

Apalagi kalau ternyata isi tempat sampah tersebut baru saja dibakar. Bara api dari sisa pembakaran yang terbang dapat mengenai bagian mobil yang sensitif seperti kabel kelistrikan.

Mesin yang masih panas juga berisiko terbakar jika terkena sampah plastik yang terbang terbawa angin. Oleh sebab itu, saat berhenti pastikan dulu mobil Anda aman dari sumber panas.

  1. 5. Menyimpan barang rentan terbakar

Hindari menyimpan barang-barang yang mudah terbakar di dalam kabin mobil, seperti bensin, tinner, parfum cair, dan korek api gas.

Barang tersebut mengandung bahan aktif yang jika diletakkan di dalam ruang tertutup dengan suhu udara tinggi bisa berpotensi menimbulkan api dan menyebabkan kebakaran.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.