Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
7 Barang Wajib Tersedia di Mobil Saat Mudik
Home - Berita - Daftar 7 Barang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik

Daftar 7 Barang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik

Berita
04 Jun 2019

Auto2000.co.id – Menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan mobil pribadi memang diperlukan persiapan yang benar-benar matang.

Contohnya seperti agenda pulang ke kampung halaman untuk menjalankan tradisi mudik berkumpul besama keluarga merayakan Lebaran.

Tapi di luar dari melakukan ritual perawatan berkala dan pengecekan kendaraan sebelum berangkat, ada baiknya pemilik mobil juga membekali perjalanan dengan menyiapkan perkakas standar dan komponen penting.

Perlu diingat, meski sudah memastikan mobil dalam kondisi prima, namun kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat mengemudikan mobil.

BACA JUGA : Serba Gratis, Ini Deretan Fasilitas Posko Siaga 24 Jam Auto2000

“Prinsipnya sedia payung sebelum hujan, jadi ada baiknya juga membekali diri,” terang Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso.

“Perkakas standar bawaan mobil itu wajib ada, tambahan lain yang juga cukup penting dibawa seperti halnya water coolant, oli mesin, dan minyak rem. Buat berjaga-jaga saja,” tegasnya.

Menurut Suparman, di luar dari pentingnya ban cadangan, setidaknya ada tujuh komponen atau barang yang wajib tersedia di dalam mobil saat melakukan perjalanan mudik.

Komponen ini berguna untuk menghadapi situasi yang sifatnya darurat dalam perjalanan.

BACA JUGA : Berikut Daftar Layanan Servis ‘Bengkel’ di Posko Siaga 24 Jam Auto2000

Berikut detailnya

1. Dongkrak : Komponen ini hukumnya wajib ada sebagai pelengkap ban cadangan, karena memang setiap mobil pasti sudah dilengkapi peralatan untuk mengganti ban cadangan yang terdiri dari dongkrak, kunci pas untuk membuka baut ban, sampai segitiga peringatan.

2. Buku manual : Terlihat sepele karena meski ada di dalam mobil, bisa dipasatikan jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah dibuka.

Buku manual penting tetap ada di dalam mobil untuk mencari info mengenai adanya gejala tak lazim di mobil, atau informasi seputar kendaran lainnya.

3. Kabel Jumper : Perangkat yang satu ini juga tidak bisa dianggap remeh saat sedang melakukan perjalanan jauh. Ada baiknya komponen ini dibawa karena fungsinya sangat berguna ketika Anda mengalami mogok karena aki yang tekor.

BACA JUGA : Antara Hidup dan Mati, Lakukan Ini Agar Anda Terhindar Dari Microsleep Saat Mudik Lebaran

4. Pengukur tekanan ban : Untuk memastikan kondisi ban memiliki tekanan udara yang sesuai, jangan lupakan untuk selalu membawa pengukur udara yang saat ini mudah didapatkan di toko-toko yang menjajakan ragam aksesori mobil.

5. Senter : Berguna untuk penerangan saat mobil dalam kondisi darurat di jalan raya ketika malam hari. Meski terkadang bisa diakali dengan lampu dari ponsel, tapi tentunya akan lebih maksimal menggunakan penerangan dari senter.

6. Chemical : Ada baiknya saat menempuh perjalanan jauh pemilik mobil menyediakan oli mesin cadangan, minyak rem, dan air radiator. Meski belum tentu digunakan, namun ketiganya cukup penting untuk dibawa dalam menempuh perjalanan jauh.

7. Kotak P3K : Ini juga tidak bisa diremehkan, karena sesuai fungsinya peralatan medis sederhana ini sangat berguna untuk pertolongan pertama.

“Khusus pengguna Toyota, jangan lupa untuk memanfaatkan fasilitas posko mudik yang disediakan oleh Toyota. Biasanya posko inti tersebar di rute-rute utama jalur mudik, jangan sungkan untuk mampir untuk mengecek kendaraan atau sekadar beristirahat,” ucap Suparman.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.