Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Berapa Biaya Perbaikan di Bengkel Body and Paint Auto2000
Home - Berita - Begini Cara Cegah Karat Tumbuh di Bodi Mobil, Nomo...

Begini Cara Cegah Karat Tumbuh di Bodi Mobil, Nomor 1 Deteksi Dini

Berita
23 Jan 2019

Auto2000.co.id – Pada konten sebelumnya telah dibahas mengenai penyebab karat bisa tumbuh leluasa di bodi mobil Anda. Ibarat kanker, karat tumbuh dalam senyap dan tiba-tiba sulit dihilangkan lantaran sudah menjalar kemana-mana.

Apalagi jika Anda malas mencuci mobil dan membawa mobil ke bengkel resmi Auto2000 untuk servis berkala. Lantas bagaimana cara mencegah karat timbul di bodi mobil kesayangan?

Kembali ke penyakit kanker. Penyakit generatif ini dapat diminimalkan risikonya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti mengatur pola makan, olahraga, istirahat yang cukup dan mengelola stres.

Begitu pun dengan karat yang siap merusak permukaan bodi mobil. Risiko terdampak karat dapat direduksi dengan menerapkan pola perawatan berikut ini.

BACA JUGA : Tidak Naik! Inilah Daftar Harga New Avanza dan New Veloz 2019

1. Cuci mobil secara rutin dan benar

Mencuci mobil itu gampang-gampang susah, apalagi buat Anda yang tinggal di wilayah perkotaan. Alasannya bisa karena kesibukan sehingga alpa dan malas mencuci mobil.

Anda bisa menyiasatinya dengan menyambangi tempat cuci mobil. Pastikan tukang cuci membersihkan seluruh area mobil dengan baik dan tak ada yang terlewatkan, terutama bagian kolong yang rentan karat.

Bagi Anda yang senang mencuci sendiri, jangan asal menyiram dan mengeringkan. Perhatikan beberapa hal berikut ini.

Pertama, perhatikan lokasi mencuci. Jangan di bawah terik matahari yang membuat air cepat menguap namun kotoran masih tertinggal. Jangan pula di bawah pohon karena ada risiko terkena getah pohon atau kotoran binatang.

BACA JUGA : Catat! Ini 5 Bagian Mobil Yang Sensitif Abu Vulkanik

Gunakan pula alat yang sesuai. Seperti kain lap kanebo untuk mengelap air dan  mengeringkan, serta kain mikrofiber di tahap finishing agar kering sempurna.

Jangan paksakan memakai air tanah yang kurang layak karena malah membuat usaha mencuci mobil jadi sia-sia. Apalagi bila air tanah tersebut tinggi kandungan mineral.

Pastikan seluruh bagian mobil kering sempurna dan tidak ada yang terlewatkan. Periksa celah-celah yang punya risiko jadi tempat menetapnya air, seperti di sela-sela pintu.

Sembari itu, lakukan inspeksi bodi mobil jika ada potensi karat. Ini ditandai dengan noktah berwarna merah di permukaan logam yang mengelupas saat dikerok. Segera lakukan tindakan awal dengan membawanya ke bengkel resmi Auto2000.

BACA JUGA : Harga Tidak Naik, Inilah Deretan Fitur New Avanza dan New Veloz 2019

2. Jangan tunda body repair

Biasanya pemilik mobil suka malas memperbaiki kerusakan bodi mobil kalau cuma sedikit. Biasanya supaya sekalian saja saat bekas luka sudah banyak.

Ini juga terkait dengan kebiasaan membayar biaya own risk asuransi mobil. Supaya tidak memberatkan, pemilik mobil menunggu sampai baret di panel bodi mobil cukup ‘penuh’ dulu baru melakukan klaim.

Padahal, walau sedikit tapi itu merupakan pintu masuk terbentuknya karat. Dan cukup berawal dari bercak kecil itu, karat bisa menjalar ke seluruh bagian bodi mobil tanpa ampun.

Bagi Anda yang gemar mengoprek sendiri mobil, dapat menggunakan cairan cat portabel yang dikhususkan untuk menambal goresan kecil di bodi mobil.

BACA JUGA : Amazing! Ini 5 Fakta Keunggulan All New Camry Yang Bikin Anda Kagum

3. Paint protection

Sebenarnya lapisan cat di bodi mobil pasti memiliki lapisan pelindung di sisi paling luar lapisan. Masalahnya, seiring waktu lapisan pelindung bakal terkikis dan memudar. Belum lagi jika penggunanya tidak apik dalam merawat kendaraan.

Solusinya adalah dengan memberikan lapisan pelindung cat aftermarket alias paint protecion. Ini bisa Anda dapatkan di salon mobil. Namun sebelumnya, lakukan pemolesan terlebih dulu untuk mengangkat kotoran yang hinggap.

4. Lapisan anti karat

Pemberian lapisan anti karat biasa diterapkan di kolong mobil. Seperti di bawah dek, kaki-kaki mobil, dan bagian dalam spatbor.

Sebenarnya mobil baru sudah memakai lapisan ini. Tapi seiring waktu dan beragamnya situasi dan kondisi pemakaian, lapisan tersebut bisa terkikis.

Supaya mobil terhindar dari karat, Anda bisa mendatangi bengkel resmi Auto2000 untuk melakukan prosedur deteksi dini dan pencegahan. Termasuk meminta dilakukan pelapisan ulang anti karat.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.