Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Menguak Rahasia Agar Bahan Bakar Mobil Anda Tetap ...

Menguak Rahasia Agar Bahan Bakar Mobil Anda Tetap Irit

Promo Cabang
09 May 2019

Permasalahan bahan bakar yang boros memang kerap menghantui pengendara kendaraan bermotor seperti mobil. Terkadang, para pengendara beranggapan bahwa tidak ada masalah apa-apa pada mobilnya. Namun, faktanya bahan bakar yang mereka gunakan boros serta bisa menguras lebih banyak biaya. Nah, bahan bakar yang boros bisa dipengarungi oleh banyak faktor. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Menjaga putaran mesin untuk menghasilkan bahan bakar yang lebih irit

Anda harus memperhatikan torsi mesin. Umumnya, torsi paling efisien berada pada rentang putaran 2.000-3.000 rotasi per menit (rpm). Lebih baik jaga putaran mesin pada angka tersebut, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Bila putaran mesin terlalu tinggi, suplai bensin ke ruang bakar akan makin banyak. Kemudian, jika terlalu rendah, Anda butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan. Hal ini jelas akan memerlukan bahan bakar lebih banyak.

Jangan mengemudi secara agresif saat berada di jalan

Usahakan melaju secara konstan pada kecepatan 60-70 kilometer per jam. Menjaga laju kecepatan dengan konstan bisa membuat suplai bahan bakar juga konstan. Artinya, akselerasi sebuah mobil bisa memainkan peran dalam irit atau borosnya bahan bakar. Selain itu, hindari untuk melakukan akselerasi secara mendadak karena akan membuat suplai bahan bakar menjadi lebih tinggi.

Hindari pengereman mendadak

Ada baiknya hindari untuk mengerem secara berlebihan, karena hal tersebut akan memaksa Anda menekan gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan semula dan memakan lebih banyak bahan bakar.

Tekanan angin ban harus sesuai spesifikasi

Perhatikan tekanan angin pada ban kendaraan Anda. Hindari tekanan angin yang terlalu rendah karena dengan kondisi ini Anda memerlukan lebih banyak tenaga saat menekan gas. Namun, jangan pula memompa ban secara berlebihan karena hal ini akan mengacaukan kendali mobil Anda.

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Performa mesin sebuah kendaraan bergantung pada bahan bakar yang digunakan. Dengan kata lain, bahan bakar yang dipakai harus lah sesuai dengan spesifikasi masing-masing mobil. Langkah ini bertujuan untuk membuat performa mobil tetap maksimal. Apabila penggunaan bahan bakarnya tidak sesuai, maka akan sangat mudah terjadi gejala ngelitik atau engine knocking pada mesin kendaraan Anda. Akibatnya, performa atau kinerja mesin menjadi kurang maksimal dan menjadikan bahan bakar tidak efisien.

Semoga bermanfaat

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.