Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Ketahui Fungsi Fog Lamp Pada Mobil Toyota Anda

Ketahui Fungsi Fog Lamp Pada Mobil Toyota Anda

Promo Cabang
09 May 2019

Mobil mempunyai beberapa komponen yang berfungsi pada keadaan tertentu saja. Tidak semuanya digunakan dalam segala kondisi, seperti misalnya wiper yang kerap dipakai saat musim penghujan saja. Hal tersebut juga berlaku pada Fog Lamp atau yang sering dikenal dengan nama lampu kabut. Pengendara harus mengetahui fungsi Fog Lamp pada mobil agar dapat mengerti serta menggunakannya dengan tepat.

Lampu yang terdapat pada mobil memiliki fungsi untuk menerangi jalanan saat keadaan gelap seperti malam hari atau ketika melintasi terowongan. Selain itu, lampu juga merupakan salah satu safety pada kendaraan saat melaju di jalan raya. Terdapat beberapa lampu yang lokasinya di bagian depan seperti lampu dekat, lampu senja / sore, lampu jauh, lampu sein, lampu hazard, lampu rem dan juga lampu kabut. Setiap lampu memiliki peranan masing-masing, begitu juga Fog Lamp yang tentunya sangat berpengaruh pada kenyamanan perjalanan.

Walaupun lampu kabut merupakan lampu tambahan, namun bisa memberikan bantuan kepada pengendara dan merupakan salah satu sistem penerangan ketika dalam cuaca berkabut ataupun saat hujan lebat. Jadi dengan adanya Fog Lamp maka peranan lampu utama akan digantikan untuk menembus kabut dan hujan lebat baik dalam jarak dekat maupun jauh.

Masalah penggantian tugas tersebut dikarenakan lampu utama pencahayaannya menyebar, berbeda dengan Fog Lamp yang sorotan lampunya fokus ke satu arah sehingga pencahayaan lebih maksimal dalam kondisi hujan lebat atau berkabut.

Untuk lokasi dari Fog Lamp sendiri umumnya ditempatkan di bagian bumper bawah. Sinar yang dipancarkan adalah kuning terang. Adapun pemilihan warna ini bukan sembarangan, karena pemilihan kuning sebagai warna Fog Lamp karena mempunyai sifat menyerap warna tertentu yang berpotensi mengganggu pandangan pengemudi saat berkendara. Memang di jaman sekarang lampu kabut bisa terbilang fitur yang kerap dipasangkan. Namun kadang beberapa orang belum benar-benar mengetahui fungsi Fog Lamp.

Bahkan terdapat beberapa orang yang menyalakan lampu Fog Lamp di malam hari atau saat senja. Padahal kondisinya tidak hujan ataupun terdapat kabut. Lampu utama malah dimatikan dengan alasan yang tidak diketahui. Hal tersebut biasanya terjadi pada beberapa pemilik yang tidak mengetahui fungsi sebenarnya dan beranggapan bahwa Fog Lamp merupakan sebuah aksesoris yang membedakan tingkat kemewahan dan fitur pada satu tipe mobil dengan tipe lainnya.

Jadi fungsi Fog Lamp adalah memberikan penerangan pada jalanan saat berkabut atau turun hujan deras. Dengan cahaya yang dihasilkan jalanan akan terlihat lebih jelas dan bisa menembus tebalnya kabut. Selain itu dengan adanya bagian ini pengendara lain juga dapat melihat kendaraan kita tanpa terganggu pandangannya akibat cahaya yang menyilaukan. Mengingat cahaya yang dihasilkan Fog Lamp sangat ramah lingkungan. Akan tetapi pengemudi juga harus berwaspada saat melintasi hujan lebat atau jalanan berkabut. Karena kadang ada pengendara mobil atau motor yang ugal-ugalan tanpa pertimbangan saat melintasi jalanan dalam kondisi tersebut

Pengecekan lampu kabut sangatlah diperlukan, apalagi saat memasuki musim penghujan yang rentan turun hujan deras ataupun jalanan menjadi berkabut. Supaya saat menghadapi situasi tersebut dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman tanpa ada hambatan.

Ada baiknya selalu periksa kondisi Fog Lamp Toyota Anda serta pastikan berfungsi normal agar siap digunakan kapanpun. Apabila kondisi Fog Lamp Toyota Anda tidak berfungsi dengan baik, silahkan datang ke Bengkel Resmi Toyota terdekat atau untuk yang berdomisili di seputaran Tabanan sekitarnya, kunjungi Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan Bali.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.