Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Kenaikan Harga OTR untuk Kendaraan Roda Tiga dan E...

Kenaikan Harga OTR untuk Kendaraan Roda Tiga dan Empat di wilayah Jawa Barat

Promo Cabang
02 Apr 2019

Hai Auto Family,

Tahukah kamu berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No 973 – 689 Tahun 2019 memutuskan bahwa ada kenaikan harga untuk kendaraan roda tiga dan empat di bulan April untuk daerah Jawa Barat terutama Bekasi? Seperti apakah keputusan tersebut? Yuk kita simak hasil liputan di bawah ini..

Pemerintah Provinsi Jabar akan menaikkan tarif pajak kendaraan baru mulai tahun 2019. Kenaikan tarif pajak tersebut untuk mendongkrak pendapat asli daerah (PAD) di tahun depan. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan pihaknya tengah mengejar waktu bersama DPRD Jabar agar rancangan peraturan daerah tentang Pajak Daerah bisa selesai akhir 2018 ini. Perda tersebut akan menjadi payung hukum bagi Pemprov dalam menetapkan tarif pajak yang baru.

“Peningkatan pajak kendaraan ada revisi, kalau tidak (tuntas) Perdanya (tahun ini) maka Januari (2019) tidak ada alasan negara memungut,” kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, di Gedung DPRD Jabar, Jumat (9/11/2018).

Menurutnya, saat ini pihaknya masih melakukan besaran kenaikan pajak tersebut bersama DPRD. Dia juga menyebut, penerpan tarif pajak baru ini hanya untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) 1 alias kendaraan baru. 

“Hanya untuk mobil (motor) baru, bukan pajak yang rutin tahunan. Hanya untuk pembeli pertama di dealer,” ucapnya.

Bila revisi Perda tidak tuntas tahun ini, pihaknya khawatir potensi pendapatan asli daerah dari sektor pajak tidak maksimal. Maka dia akan berupaya agar Perda ini bisa selesai sesuai dengan harapan.

“Kalau ini enggak (tuntas), mereka jual beli pakai aturan (perda) lama, enggak terpungut oleh kita, sayang,” ucapnya.

Namun pihaknya belum bisa memastikan besaran tarif BBNKB 1 yang akan diterapkan. Namun diperkirakan besarannya tidak akan jauh dengan yang ditetapkan DKI Jakarta sebesar 12 persen.

“Kurang lebih karena itu aturan nasional untuk pembeli mobil (motor) baru ya,” ucapnya.

Dihubungi terpisah, Sekda Jabar Iwa Karniwa menambahkan semangat revisi Perda ini untuk mendongkrak PAD Jabar yang lebih signifikan. “Ini tidak akan menggerus. Karena yang menjadi fokus revisi ini perubahan besaran pengenaan pajak bagi BBNKB 1 mobil atau motor,” ucapnya.

Dia menuturkan, usulan daerah untuk revisi ini datang dari seluruh Badan Pendapatan Daerah di Indonesia yang dikoordinir oleh Bapenda Jabar. Dalam usulan, Bapenda khususnya di jabar mendorong agar pajak BBNKB 1 memungut sama sebesar 12,5 persen.  (Sumber detik.com)

Yap, ternyata kenaikan ini sudah direncanakan dari akhir tahun 2018 loh dan di sumber inipun disebutkan awal dari penetapan keputusan iniseharunya mulai berjalan di Januari 2019, tetapi mundur sampai dengan di bulan April. Jadi yang perlu Auto Family pahami adalah Per bulan April 2019 kenaikan hanya diperuntukkan bagi kendaraan baru, bukan pajak per tahunnya lebih tepatnya adalah kenaikan di Biaya Balik Nama Kendaraa Baru (BBNKB). Nah dikarenakan harga on the road (OTR) yang Auto Family bayar sudah termasuk dengan biaya tersebut jadilah ada kenaikan untuk harga kendaraannya. Untuk penjelasan lebih lanjut, yuk hubungi Auto2000 terdekat di rumah Anda.

(Yuli Aryani)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.