Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Kebakaran Mobil Pemadam Jenis Apa yang Seharusnya ...

Kebakaran Mobil Pemadam Jenis Apa yang Seharusnya Auto Family Gunakan

Promo Cabang
16 May 2019

”Segitiga” Penyebab Kebakaran

Segitiga api adalah istilah yang diberikan pada rumus terjadinya pembakaran yaitu bahan bakar plus oksigen plus panas sama dengan api. Kalau satu komponen saja disingkirkan, Auto Family tidak hanya memadamkan api, tetapi juga mencegah kebakaran selanjutnya. Mari kita lihat cara kerjanya.

BAHAN BAKAR 

Seperti halnya kita, api akan mati tanpa makanan. Regu pemadam kebakaran memanfaatkan prinsip ini untuk mengatasi kebakaran di hutan maupun di perladangan sewaktu mereka menciptakan pemutus api di jalur kebakaran utama. Di dapur, untuk menyingkirkan bahan bakar, kita dapat mematikan saja gasnya. Akan tetapi, dalam kasus-kasus lain, menyingkirkan bahan bakar mungkin sulit atau bahkan mustahil.

OKSIGEN 

Sekali lagi, seperti kita, api harus bernapas. Tebarkan satu sekop tanah atau karung di atas api, Auto Family pun dapat memadamkannya. Biasanya, kadar oksigen harus sampai angka nol barulah api kehabisan napas. Jika Auto Family mengurangi oksigen dari kadar normalnya yakni 21 persen di udara sekitar kita sampai 15 persen, banyak zat—misalnya, zat cair dan bahkan zat padat yang mudah terbakar—tidak akan terbakar lagi.

PANAS 

Sumber panas untuk menyulut api dapat berasal dari penghangat ruangan, kompor, kabel yang tercolok ke stop kontak yang jenuh, percikan atau abu, kilat, atau panas yang dihasilkan tumbuh-tumbuhan yang busuk, zat kimia yang mudah menguap, atau lainnya. Ingatlah, jika Auto Family melihat asap, khususnya bila itu berasal dari lemak atau minyak goreng yang dipanaskan, pembakaran spontan dapat terjadi dengan cepat.

BACA JUGA : Merawat Ban Serep Penting Tapi Sering Terlupakan

Untuk Setiap Jenis Api Kecil Berbeda Pemadamnya

Meskipun banyak rumah tidak memiliki pemadam api, sering kali pabrik, kantor, dan bangunan umum diwajibkan hukum untuk memilikinya. Jenis yang mendasar adalah air, zat kimia basah, busa, serbuk kering, dan karbon dioksida. Pemadam halon tidak digunakan lagi karena dianggap merusak lapisan ozon pada atmosfer bumi. Untuk membantu pengguna memilih pemadam yang tepat dalam suatu keadaan darurat, kebanyakan model mempunyai tanda gambar yang memperlihatkan di mana alat-alat ini dapat dan tidak dapat digunakan, atau mungkin ada pula yang berkode warna. Dan, kebanyakan memiliki huruf, seperti A, B, atau C, menunjukkan klasifikasi api secara spesifik. Pendorongnya, yakni gas yang dimampatkan, mendorong bahan aktifnya keluar melalui mulut selang pada kecepatan tinggi sewaktu pegangan pemicu ditekan. Karena pemadam berisi gas yang dimampatkan, alat ini perlu dites dari waktu ke waktu. Dan, pemadam hendaknya selalu ditempatkan dekat pintu keluar dan hendaknya mudah dijangkau. Sekarang, marilah kita melihat sekilas tiap-tiap jenis pemadam.

Pemadam jenis serbuk kering 

Secara kimiawi menghambat pembakaran dan boleh dikata penangkal kebakaran yang universal. Serbuk kering tidak hanya efektif melawan api golongan A dan golongan B, namun juga berguna untuk melawan api golongan C (peralatan listrik). Tidak heran bila pemadam multiguna ini memberikan perlindungan yang sangat baik bagi Auto Family. Serbuk kering cenderung membuat kotor—namun apalah artinya itu dibandingkan dengan kerugian akibat kebakaran!

Pemadam jenis air yang dimampatkan 

Cocok untuk kebakaran yang mencakup kertas, kayu, plastik, sampah, atau kain. Api jenis ini sering kali disebut api golongan AAir berpotensi sebagai sarana pemadam berkat kapasitasnya yang besar untuk menyerap panas. Dalam volume yang cukup, kemampuan air menyingkirkan panas lebih cepat daripada kemampuan api menghasilkan panas, dengan demikian api pun padam. Tetapi, jangan gunakan air untuk zat cair yang mudah terbakar. Auto Family justru akan menyebarkan apinya—dan bisa meledak! Juga, karena air menghantarkan listrik, Auto Family hendaknya tidak menggunakan pemadam jenis air atau jenis apa pun yang mengandung air bila ada kabel listrik yang terbakar.

BACA JUGA : Lakukan Hal Ini Saat Mengemudi di Musim Hujan

Pemadam jenis zat kimia basah 

Mengandung larutan garam alkali yang dimampatkan dalam air dan khususnya efektif melawan lemak serta minyak goreng, tetapi bukan untuk melawan produk-produk petroleum. Pemadam jenis ini juga efektif melawan api golongan A.

Pemadam jenis busa 

Bekerja dengan baik, bukan hanya terhadap api golongan A, melainkan khususnya kebakaran yang mengandung zat cair yang mudah terbakar (pelumas untuk industri, bahan bakar, cat), yang umumnya dikenal sebagai api golongan BAda dua jenis pemadam busa, maka periksalah jenis mana yang paling cocok dengan kebutuhan Auto Family. Sewaktu disemprotkan ke cairan yang terbakar, busanya melapisi cairan itu dengan lapisan tipis antitembus yang menahan uap yang mudah terbakar ini agar tidak keluar dan juga mencegah cairan itu bereaksi dengan oksigen. Jadi, busa harus disemprotkan lebih hati-hati agar tidak menembus cairan, namun sebaliknya menyebar dan menutupinya. Hati-hati, jangan gunakan busa dekat listrik.

Pemadam jenis karbon dioksida 

Dapat digunakan praktis untuk segala jenis api kecuali api gas. Pemadam jenis ini menggunakan prinsip bahwa karbon dioksida menyingkirkan oksigen. Namun, seperti yang kita lihat di awal tadi, jika bahan yang terbakar masih panas, bahan itu kemungkinan dapat tersulut lagi secara spontan. Karbon dioksida adalah gas, jadi lingkungan berangin dan terbuka membatasi keefektifannya. Akan tetapi, karena bersih, pemadam ini cocok untuk peralatan mesin yang bagus serta perlengkapan elektronik. Namun, dalam ruangan tertutup, karbon dioksida dapat menyesakkan napas, maka bila Auto Family menggunakannya dalam ruangan tertutup, pastikan untuk meninggalkan tempat itu bila api sudah padam lalu tutuplah pintu.

BACA JUGA : Manfaat AC Pada Mobil Selain Sebagai Pendingin Udara

Selimut Pemadam Api

Adalah pelawan api yang praktis dan cocok untuk memadamkan kebakaran kecil yang mungkin timbul di kompor dapur atau di bagian kecil pada karpet. Ambil saja selimut itu dari tempatnya yang bersih di lemari dinding, rentangkan di depan Auto Family untuk melindungi diri dari api, lalu tutupi api dengan selimut. Tentu saja, sebisa mungkin sebelum Auto Family melakukannya, segera matikan sumber panasnya. Selimut pemadam api juga dapat menyelamatkan kehidupan bila pakaian Auto Family terbakar. Bila mengalaminya, ingatlah rumus vital ini: ”Berhenti, berbaring di tanah, dan berguling-guling.” Jangan sekali-kali lari, Auto Family hanya akan mengobarkan apinya. Jika Auto Family atau orang lain dapat membungkus tubuh dengan selimut pemadam api seraya berguling-guling, apinya akan lebih cepat padam.

Jadi Dari Ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa alat pemadam kebakaran yang baik berada di kendaraan Auto Family adalah alat pemadam kebakaran dengan Golongan B. Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.