Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Jangan Nekat, Lakukan Ini Saat Mobil Toyota Anda K...

Jangan Nekat, Lakukan Ini Saat Mobil Toyota Anda Kena Overheat

Berita
07 Jan 2019

Auto2000.co.id – Pemilik mobil wajib mengetahui beberapa kondisi kendaraan yang bisa terjadi selama siklus kepemilikan. Salah satu yang wajib diketahui adalah ketika terjadi kondisi yang kerap disebut overheat.

Overheat, sederhananya adalah kondisi mesin yang terlampau panas, terjadi karena ada beberapa komponen yang tidak berkerja normal.

Alhasil, temperatur pada mesin jadi lebih panas dari semestinya. Biasanya mobil akan bereaksi dengan memberikan isyarat via lampu indikator di panel instrumen.

Jika situasi ini terjadi, sebaiknya laju kendaraan segera dihentikan dan menepi ke lokasi yang aman. Kejadian seperti itu bisa terjadi dimana saja.

BACA JUGA : Masih Perlukah Budaya Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari?

Pemicu utama overheat, seperti dijelaskan Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cabang Salemba, Jakarta Pusat, yaitu karena ada kerusakan pada beberapa komponen seperti motor atau dynamo kipas pendingin radiator tidak bekerja dengan baik.

“Otomatis jika ada yang tidak bekerja, suhu air di radiator menjadi panas, karena tidak ada pendinginan yang berasal dari kipas itu,” jelasnya.

“Jadi mesin mobil menjadi cepat panas, dan biasanya kalau terjadi seperti itu ada indikator lampu menjala di meter cluster,” kata Suparna lagi.

Suparna menyarankan jika mobil mengalami overheat, maka paling utama adalah jangan panik. Segera membawa mobil ke pinggir jalan dan pastikan kondisi di sekitar sudah aman dan nyaman.

BACA JUGA : Bermodalkan Busi, Ini Cara Mudah Cek Kesehatan Ruang Bakar Mobil Anda

Langkah selanjutnya, buka kap mesin dan tunggu beberapa menit sampai tutup air radiator tidak panas. Setelah itu, kata Suparna boleh dicek apakah air di dalam radiator habis atau masih ada.

“Kalau masih ada atau habis bisa ditambahkan lagi sampai benar-benar penuh. Setelah itu boleh menghidupkan mobil itu lagi sampai ke bengkel terdekat, kemudian diperiksa lebih lanjut,” ujar dia.

Namun, Suparna juga mengimbau agar pemeriksaan selalu ditangani oleh bengkel resmi Auto2000 untuk pemilik mobil Toyota. Bagaimana bila mobil mati total?

Segera hubungi tim Emergency Road Assistance (ERA) yang siaga 24 jam penuh untuk membantu membawa mobil Toyota Anda ke bengkel resmi Auto2000 langganan via aplikasi Auto2000 Mobile.

“Kami akan tangani sampai tuntas, jangan pernah memaksakan mobil untuk jalan kalau sudah overheat, bisa jebol mesinnya nanti,” ungkap Suparna.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.