Loading...
Auto2000 Mobile
Lebih nyaman dengan Auto2000 mobile.
Booking servis tidak pakai antri!
Nanti saja »
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Jangan Anggap Remeh, Inilah Dampak Filter Udara Ti...

Jangan Anggap Remeh, Inilah Dampak Filter Udara Tidak Dibersihkan

Berita
07 Dec 2018

Auto2000.co.id – Filter udara menjadi salah satu komponen yang kerap dilupakan pengguna mobil. Padahal melihat dari fungsinya, keberadaan filter udara tidak bisa dianggap sebelah mata.

Sesuai namanya, filter udara memiliki tugas untuk menyaring partikel asing yang terkandung pada udara, seperti debu agar tidak masuk ke dalam sistem injeksi dan ruang bakar.

Dengan kata lain, filter udara memiliki fungsi untuk memastikan bahwa ruang pembakaran tetap bersih dan steril sehingga mesin bisa bekeja secara optimal.

Dengan udara yang bersih di ruang pembakaran, maka performa mobil bakal tetap prima.  Namun bila kebersihannya tidak terjaga, maka yang situasi yang terjadi malah sebaliknya, performa mesin akan menurun.

BACA JUGA : Kurangi Kecepatan Demi Keselamatan Berkendara Musim Hujan

“Bila filter udara yang kotor terus dipakai, maka dampaknya akan merugikan karena bisa menyebabkan beberapa masalah. Mulai dari tenaga mesin yang terasa kurang sampai bikin bahan bakar jadi boros,” jelas Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso.

Menurut Suparman, kondisi filter udara yang kotor akan membuat perbandingan udara dan bahan bakar menjadi tidak sempurna. Dalam kondisi seperti ini, dampak buruk yang sudah disebutkan tadi akan mudah sekali menyerang mobil Anda.

Khusus bagi pengguna Toyota, Suparman mengingatkan untuk rajin menengok kondisi filter udara agar kondisi mobil tetap prima.

Dianjurkan setiap 40.000 km mengganti filter baru bagi yang bermesin bensin, sementara untuk yang diesel wajib dilakukan tiap 30.000 km.

BACA JUGA : Auto2000 Beri Rasa Aman Buat Pemilik Toyota

Namun, perhitungan ini bisa disesuaikan dari kondisi ketika melakukan servis berkala. Artinya, dalam kondisi tertentu ada beberapa mobil yang membutuhkan penggantian filter udara lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan.

“Tiap servis bekala itu pasti dibersihkan oleh teknisi Auto2000, dari situ akan terlihat bagaimana kondisinya,” jelas Suparman lagi.

“Contoh, bila untuk mobil yang sering digunakan di pertambangan atau mobil proyek, pasti akan lebih cepat kotor sehingga memungkinkan penggantian filter lebih cepat dari yang sudah ditentukan tadi,” tutup Suparman.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.