Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Fungsi Fitur Eco Drive Eco Lamp dan Eco Mode

Fungsi Fitur Eco Drive Eco Lamp dan Eco Mode

Promo Cabang
14 Jun 2019

Ternyata pada mobil dan motor zaman sekarang sudah ada fitur untuk mengatur/mengetahui perilaku kita saat berkendara dapat mengefesienkan penggunaan bahan bakar atau tidak. Fitur yang ada pada speedometer tersebut dikenal dengan nama eco-drive. Teknologi ini mampu memberikan indikasi terhadap kebiasaan berkendara yang kita lakukan agar bisa lebih efisien dan maksimal. Jika kita bisa mengefisienkan penggunaan kendaraan maka secara tidak langsung kita telah melakukan penghematan karena emisi yang disemburkan berkurang karena pembakaran yang sempurna.

BACA JUGA : Mobil berembun saat hujan

Eco-Driving adalah mengemudi ekonomis dan menyesuaikan diri dengan teknologi mesin modern,berarti lebih lembut, lancar serta aman berkendara pada putaran mesin rendah. Eco-Driving mudah dipelajari  dan mempunyai dampak substansial pada prilaku pengemudi ataskeselamatan dan penghematan bahan bakar tanpa memperlambat waktu perjalanan.

Eco Drive sendiri bisa ditempuh dengan cara-cara sebagai berikut :

1. Memindahkan transmisi ke posisi yang lebih tinggi secepat mungkin

2. Sebisa mungkin pertahankan kecepatan kendaraan pada putaran ekonomis

3. Menghindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu

4. Antisipasi keadaan arus lalu lintas

5. Memperlambat secara perlahan,

BACA JUGA : Apa sih Fungsi Fog lamp

Saat ini sudah ada 2 jenis fitur eco-drive yang diterapkan pada mobil dan motor. berikut ini penjelasan mengenai Eco Lamp dan Eco Mode :

ECO LAMP
Eco Lamp merupakan lampu indikator yang terintegrasi pada panel spidometer atau MID (Multiple Indicator Display). Eco Lamp akan menyala jika pedal gas ditekan dengan akselerasi yang lembut atau putaran mesin tidak terlalu tinggi dan konstan. Begitu pula saat melakukan perpindahan gigi dengan kondisi rpm tidak terlalu tinggi.

Eco Lamp menyala, maka konsumsi bahan bakar akan makin irit. Agar lampu indikator itu dapat menyala terus, upayakan tidak melakukan akselerasi yang mendadak. Sehingga putaran mesin tidak terlalu terbebani,” terang Arif, selaku Foreman Auto 2000 Pandeglang, Banten. Deselerasi atau mengangkat kaki dari pedal gas secara perlahan juga membantu agar Eco Lamp tetap menyala. “Deselerasi secara perlahan dapat menjaga Eco Lamp tetap menyala. Kemudian setelah melakukan deselarasi upayakan jangan melakukan akselerasi secara mendadak atau menekan pedal gas sejadinya,” lanjut Arif.

ECO MODE
Fitur Eco Mode marak diaplikasi pada mobil berkelas premium, seperti halnya All New Toyota Camry. Cara kerja dari fitur Eco Mode adalah dengan mengaktifkan tombol Eco-Mode, kemudian akselerasi akan menyesuaikan dengan perpindahan gigi pada putaran mesin yang lebih rendah.

BACA JUGA : Kenapa sih harus atur posisi duduk saat mau berkendara

Walau berbeda-beda dari segi teknologi yang diterapkan, namun pada prinsipnya sama. “Prinsip kerja dari Eco Mode secara umum adalah memastikan perpindahan gigi (upshift dan downshift) di putaran mesin yang ideal sehingga bahan bakar dapat lebih efisien,” jelas Heri Andriyanto, Sevice Manager Auto2000 Pandeglang.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.