Loading...
Auto2000 Mobile
Lebih nyaman dengan Auto2000 mobile.
Booking servis tidak pakai antri!
Nanti saja »
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Enggak Perlu Ribet, Cek Kondisi Oli Mesin Bisa Dil...

Enggak Perlu Ribet, Cek Kondisi Oli Mesin Bisa Dilakukan Sendiri

Berita
06 Dec 2018

Auto2000.co.id – Bicara perawatan mobil, khususnya pada sektor mesin tidak lepas dari peran penting oli. Sekadar info, oli mesin memiliki fungsi vital untuk mendukung kerja mesin.

Sebut saja, mulai dari melumasi komponen dalam mesin agar terlindungi dari gesekan, pendingin mesin, sampai fungsi sebagai pembersih komponen mesin agar tetap bekerja secara optimal.

Karena itu, pemilik mobil wajib memeriksa kadar oli pada waktu-waktu tertentu, bahkan pada mobil yang memiliki jam terbang tinggi diwajibkan mengecek sendiri kondisi takaranya.

Hal ini penting dilakukan untuk memastikan volume oli pada mesin tetap pada ukurannya. Disamping Anda bisa memeriksa secara visual kondisi oli mesin untuk menjaga kualitasnya.

BACA JUGA : Cara Paling Gampang Hindari Risiko Berkendara di Musim Hujan

Nah, untuk melakukan pengecekan oli, sebenarnya sangat mudah dilakukan. Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, pemilik mobil bisa melakukan sendiri tanpa harus repot datang ke bengkel dan memanfaatkan perangkat yang ada di setiap mobil.

“Sebenarnya mengecek kuantitas oli pada mesin mobil mudah dilakukan, bahkan bisa sendiri di rumah. Pemilik mobil cukup manfaatkan alat ukur berupa dipstick yang memang sudah disediakan pada tiap tutup lubang pengisian oli di mesin,” jelas Suparman.

Lebih lanjut Suparman menerangkan bahwa pemilik hanya perlu melepas tutup pengisian oli, kemudian melihat takaran oli melalui besi panjang untuk mengetahui takaran oli di dalam mesin.

Biasanya, akan ada dua garis pada bagian ujung besi atau dipstick, atas dan bawah. Angkat dipstick, bersihkan permukaannya dari oli, masukkan kembali ke dalam lubang hingga sempurna, lalu cabut kembali untuk melihat ketinggian oli.

BACA JUGA : Kurangi Kecepatan Demi Keselamatan Berkendara Musim Hujan

Agar pengecekan benar-benar dalam kondisi yang normal, disarankan pemilik mobil lebih dulu memarkirkan mobil pada permukaan yang datar. Selain itu baiknya juga pada kondisi mesin yang masih dingin.

“Bila oli berada di bawah garis atas menandakan oli mengalami pengurangan, tapi hal itu masih dalam batas normal. Tapi bila posisi oli sudah berada di bawah garis bawah bahkan kurang dari garis bawah, menandakan oli mengalami defisit yang cukup banyak,” ujar Suparman.

Menurut Suparman, dalam kondisi oli berkurang, baiknya pemilik mobil langsung memeriksanya ke bengkel resmi. Khusus pengguna Toyota, disarankan langsung membawa ke bengkel Auto2000 dan jangan lupa untuk booking dahulu sebelum datang.

Para teknisi akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan apa penyebab dari berkurang oli. Bila memang harus diganti baru, maka akan diberikan oli resmi Toyota yang kualitasnya sudah terjamin.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.