Email
Password
lupa password? klik disini
RESET PASSWORD
belum punya akun?

Auto2000.co.id – Sebagian dari pemudik sudah kembali ke rumah masing-masing untuk mulai melakukan aktivitas rutin. Tapi untuk Anda yang mudik dengan menggunakan mobil irit BBM Toyota, mohon untuk tidak langsung menggunakan mobil kesayangan untuk bekerja.

Mobil yang Anda pakai pasti telah menempuh jarak yang lumayan jauh. Belum lagi kalau di jalan ternyata harus menembus kemacetan panjang yang umum dijumpai saat musim mudik Lebaran.

Di kampung halaman mobil Anda juga pasti tidak bisa istirahat. Paling tidak, ia dipakai untuk silaturahmi ke anggota keluarga yang lain atau tamasya ke tempat wisata. Apalagi bila Anda pakai mobil MPV seperti Toyota Avanza yang andal untuk segala kebutuhan.

Tidak heran jika saat tiba di rumah, mobil kesayangan akan merasa kelelahan. Makanya, sebelum dipakai kembali beraktivitas, ada beberapa hal bisa Anda lakukan untuk mengembalikan performanya.

BACA JUGA : Antara Hidup dan Mati, Lakukan Ini Agar Anda Terhindar Dari Microsleep Saat Mudik Lebaran

1. Cairan kendaraan

Buka kap mesin, dan Anda akan lihat beberapa tempat penyimpanan cairan yang dibutuhkan oleh mobil. Seperti minyak rem dan minyak kopling untuk mobil manual. Jangan abaikan pula air aki dan air wiper.

Agak tersembunyi adalah oli mesin dan oli transmisi. Termasuk pula minyak power steering untuk yang masih pakai power steering hidrolis.

Kalau masih penuh artinya tidak ada kebocoran di sistem. Kalaupun berkurang sedikit masih wajar karena adanya pemuaian.

BACA JUGA : Inilah Tips Cara Bersihkan Mobil Supaya Segar Kembali Setelah Mudik Lebaran, Nomor 5 Sering Dilupakan

2. Ban

Ban ibarat telapak kaki manusia. Ban punya tugas berat menopang beban seluruh mobil. Padahal saat mudik sangat lazim mobil disesaki oleh penumpang dan barang.

Selain itu ban juga bertugas untuk bergerak saat tenaga mesin disalurkan. Ia juga harus bisa mengurangi kecepatan dengan baik saat mengerem dan berbelok saat diperintahkan.

Menjaga tekanan angin ban ideal merupakan hal paling mendasar dalam menjaga performa ban. Lakukan pengecekan saat kondisi dingin dan mobil belum dijalankan.

Periksa pula kondisi telapak dan dinding ban. Perhatikan bila ada perubahan bentuk lantaran terbentur lubang di jalan. Segera cabut kerikil yang menempel di sela telapak ban karena kalau dibiarkan akan merusak anyaman kawat baja ban.

Cek juga kedalaman alur telapak ban lewat tire wear indicator (TWI). Kalau sudah tidak ada jarak lagi, segera ganti ban. Apalagi sebentar lagi akan masuk musim hujan.

BACA JUGA : Bikin Hati Tenang, Tips Ini Bantu Anda Berkendara Dengan Aman dan Nyaman di Jalan Tol Trans Jawa

3. Kolong mobil

Sembari melakukan pengecekan ban, cobalah tengok kolong mobil. Perhatikan kaki-kaki mobil dari risiko adanya rembesan oli. Goyang-goyang juga untuk melihat adanya potensi masalah.

Perhatikan sokbreker dan periksa bila ada kebocoran. Termasuk pula karet-karet penyangga yang ada di sekitarnya dari potensi getas dan robek.

Cek pula komponen rem. Waspadai kebocoran dengan melihat selang rem. Untuk rem cakram Anda bisa melihat langsung kondisi kampas rem. Namun untuk rem teromol, waspadai kebocoran dengan memperhatikan dinding teromol rem.

Rem mesti jadi prioritas utama karena punya peran sangat penting dalam menghentikan laju kendaraan. Jadi pastikan seluruh komponen rem berada dalam kondisi baik.

BACA JUGA : Sangat Instagramable, Inilah Alasan Anda Harus Coba Jalur Pantai Selatan Jawa Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

4. Mesin

Tanpa mesin, mobil tidak akan bisa berjalan. Meski begitu, mobil modern seperti Toyota Sienta beda perlakuannya saat servis mobil dengan mobil lawas.

Bermodalkan sistem yang diatur via komputer, Anda tidak perlu repot saat tune up mobil Agya sekalipun yang dikenal sebagai mobil irit BBM.

Makanya, tidak banyak hal bisa Anda lakukan dalam melakukan pengecekan mesin mobil. Syarat utamanya adalah oli mesin tidak berkurang.

Selanjutnya Anda tinggal posisikan kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen apakan ada masalah. Jika tidak ada, Anda bisa melanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada suara aneh terdeteksi.

BACA JUGA : Jangan Anggap Sepele, Perhatikan 3 Hal Ini Untuk Anda Yang Mau Melakukan Perjalanan Balik Setelah Mudik Lebaran

Jika sampai terdeteksi masalah, peluang terbaik untuk memperbaiki adalah dengan membawanya ke bengkel resmi seperti Auto2000. Dengan bekal tools modern dan lengkap, potensi kerusakan dapat segera diatasi.

Tapi bagaimana jika Anda masih merasa terlalu lelah dan ingin istirahat di rumah? Untuk pengguna mobil Toyota, Anda bisa manfaatkan layanan Toyota Home Service (THS).

THS adalah salah satu fasilitas pelayanan dari Toyota yang siap melakukan servis kunjungan di kantor atau rumah dengan tujuan memberikan kemudahan bagi pemilik kendaraan Toyota yang tidak sempat datang ke bengkel.

Cukup lakukan booking sevice dan pilih menu layanan THS, tim THS akan melakukan kunjungan servis. Tim dari THS punya standar operasi dan kualitas kerja tinggi setara bengkel resmi Auto2000.

BACA JUGA : Perhatikan 8 Hal Ini Ketika Isi Bensin Saat Mudik, Nomor 6 Banyak Yang Belum Tahu

Asyiknya, untuk kunjungan dalam kota tidak dikenakan biaya kunjungan. Selain itu, biaya servis dan harga spare part orisinal sama dengan bengkel resmi Auto2000.

Untuk menu layanan, tersedia ganti oli,tune up mobil, servis berkala internal, perawatan 1.000 Km dan 5.000 Km, dan perbaikan ringan di bawah 2 jam. Kasih catatan saat booking kalau Anda mau pengecekan pasca mudik Lebaran.

Supaya dapat merasakan segala kemudahan layanan THS, Anda bisa menghubungi cabang Auto2000, lewat situs resmi Auto2000.co.id, atau bisa melalui aplikasi Auto2000 Mobile. Praktis kan?

Newsletter
Dapatkan update terbaru mengenai informasi produk dan promosi langsung di email anda.
Name
Email

BERITA TERKAIT

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.