Cancel

Jangan Pakai Oli Transmisi Matik Biasa Untuk Matik CVT, Ini Alasannya

Saat ini transmisi CVT (Continous Variable Transmission) sudah jamak dipakai oleh produk Toyota di Indonesia. Dari model menengah Toyota Yaris dan Vios, hingga model mewah Toyota Voxy dan Camry generasi terbaru.​​​​Secara konstruksi, transmisi CVT yang mengandalkan sabuk baja yang diputar oleh sepasang puli untuk meneruskan daya dari mesin ke roda terbilang ringkas dan ringan karena sudah tidak ada lagi deretan rasio gigi ala matik konvensional. Dengan desain ringkas membuat insinyur Toyota dapat merancang ruang mesin yang lebih kompak sehingga bisa dikompensasikan untuk membuat kabin lebih lega dan nyaman.

Di awal kemunculannya memang pernah dikeluhkan masalah respons daya sabuk baja yang acap terasa ada delay dan lemah di putaran rendah. Namun seiring waktu, pengembangan di sektor komputer mesin dan material transmisi CVT membuatnya kian sigap dan lincah mengikuti kemauan pengemudi sehingga terasa semakin responsif dan cekatan. Isu lemah daya yang berimbas pada borosnya konsumsi bensin juga bisa ditekan karena sekarang transmisi ini kian mumpuni dalam membaca karakter berkendara dan optimal dalam menyalurkan tenaga.
 

Perawatan CVT Matic

Transmisi jenis ini terbilang minim perawatan karena punya usia pakai komponen yang termasuk tinggi. Meski demikian, ada beberapa hal mesti diperhatikan pemilik mobil. Salah satu benefit dari transmisi CVT adalah komponen utama terdiri dari puli pemutar dan sabuk baja yang tidak membutuhkan banyak pelumasan. Beda dengan transmisi otomatis biasa yang seluruh gigi wajib dilumasi. Sehingga fungsi dan cara kerja antara keduanya pun berbeda. Transmisi matik konvensional butuh oli dengan spesifikasi lebih ‘berat’ ketimbang transmisi CVT. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan oli transmisi disesuaikan dengan karakteristik atau spesifikasi standar pabrik agar transmisi matik CVT Anda tetap awet.

Oli CVT yang Baik

Pelumas transmisi CVT perlu spesifikasi khusus dengan tanda “Oli CVT” sebagai oli standar mobil toyota yang memang dibuat khusus untuk transmisi CVT. Makanya, jangan sampai tertukar dengan oli transmisi biasa. Karena umumnya oli transmisi matik biasa tingkat pelumasannya tinggi sehingga risikonya transmisi matik CVT bisa selip dan tenaga langsung terasa kurang. Saat jalan mobil akan terasa seperti loncat, atau bahkan tidak bisa jalan sama sekali kalau kondisinya sudah sangat buruk. Segera hubungi bengkel resmi Auto2000 terdekat kalau Anda mengalami situasi seperti ini. Untuk penggantian pelumas sendiri, oli transmisi CVT termasuk dalam kategori long life period bila mengacu pada buku manual. Tapi dalam kondisi nyata, hal tersebut tidak bisa dipakai sebagai patokan baku. Sebaiknya Anda mengganti oli transmisi CVT setiap 100.000 km, dengan catatan jalan yang Anda lalui setiap hari masuk dalam kategori lancar dan tidak ada macet. Tapi rasanya hal tersebut sulit kesampaian di Indonesia, apalagi di kota-kota besar.

Untuk memastikan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi CVT, Anda bisa diskusikan dengan service advisor Auto2000 ketika servis berkala.

Dengan mempertimbangkan kondisi pemakaian setiap hari, mereka akan memberikan rekomendasi waktu penggantian yang pas agar oli transmisi CVT mobil Toyota Anda selalu terjaga kualitasnya.

​​​​​​​Baca Juga: Apa Itu LCGC, temukan disini

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1  ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​

promo new yaris promo spontan  ​​​​​​

promo spontan promo spontan

promo spontan​​​​​​​​​​​​​​
Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo Servis Toyota Akhir Tahun di Auto2000
Hai AutoFamily!

Kejutan servis Toyota di akhir tahun belum berakhir! Nikmati perjalanan yang lebih seru dan aman dengan mobil yang prima menggunakan Promo Hari Servis Online Nasional Akhir Tahun.

Nikmati diskon Jasa Servis hingga 20% dan Suku Cadang 10% untuk General Repair (GR) di bengkel dan THS Auto2000 Home Service. Selain itu, dapatkan juga diskon hingga Rp 300 ribu untuk pengerjaan Body & Paint di seluruh bengkel Body and Paint Auto2000.*

Segera dapatkan berbagai diskon servis di akhir tahun dengan cara berikut ini:
- Klik button di bawah ini dan dapatkan diskon booking layanan body & paint,
- Melakukan pengisian form untuk mendapatkan potongan jasa dan servis untuk Servis Bengkel dan THS.

Tunggu apalagi? Segera siapkan Toyotamu untuk perjalanan bersama keluarga dan nikmati kejutan diskonnya.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom
01 November 2022
Promo Cicilan Ringan Mobil Toyota Innova Zenix
Hal AutoFamily!

Miliki MPV terbaik untuk keluarga Indonesia, Toyota Innova Zenix dengan mudah melalui Auto2000 Digiroom. Toyota Innova Zenix yang modelnya sudah teruji secara lintas generasi memang telah dipercaya kualitasnya. Mengusung platform TNGA, All New Kijang Innova Zenix memiliki tampilan yang mewah dan sporty, kabin yang luas dan nyaman, Innova Zenix juga dilengkapi 10 Inch Head Unit dan Rear Seat Entertaintment dengan smartphone connectivity.

Fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 SRS Airbag, VSC (Vehicle Stability Control), HSA (Hill Start Assist), ABS (Anti-Lock Breaking System) yang membuat perjalanan bersama orang tersayang semakin nyaman dan aman. Dapatkan juga perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang salama 3 tahun atau 60.000 KM dan Extended Warranty untuk setiap On Time Service.*

Dengan Program Cicilan Ringan mulai dari Rp 7.3 Jutaan/bulan, Anda dapat memiliki Kijang Innova Zenix terbaru. Tunggu apalagi? Yuk isi form penawaran dibawah ini untuk proses pemesanannya! *syarat dan ketentuan berlaku

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
21 November 2022
Promo Cicilan Innova Zenix Hybrid
Hai AutoFamily!

MPV pilihan keluarga Indonesia kini hadir dengan teknologi baru yang lebih ramah lingkungan. Mengusung mesin Hybrid Toyota yang sudah teruji ketangguhannya, All New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV siap memberikan pengalaman perjalanan yang luar biasa. Lengkap dengan fitur Panoramic Sunroof eksklusif yang menambah kenyamanan perjalanan AutoFamily.

Dapatkan juga perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang salama 3 tahun/60.000 KM, Extended Warranty untuk setiap On Time Service, dan Garansi baterai hybrid selama 8 tahun atau 160.000 KM.*

Dengan Program Cicilan Ringan mulai dari Rp 7.9 Jutaan / bulan, Anda dapat memiliki Kijang Innova Zenix Hybrid terbaru. Tunggu apalagi? Yuk isi form penawaran dibawah ini untuk proses pemesanannya!

*syarat dan ketentuan berlaku

21 November 2022
Promo Body & Paint Kilau Toyota Pilihan
Hi Auto Family!

Ingin Toyotamu berkilau seperti baru lagi? Tenang! Auto2000 punya solusinya nih untuk AutoFamily! Dengan program Kilau Toyota Pilihan, dijamin mobil Toyota AutoFamily akan berkilau seperti baru lagi!

Ada dua pilihan paket yang bisa AutoFamily pilih:
- Kilau Toyota Pilihan 1: Potongan 300 ribu rupiah* untuk perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan minimal transaksi sebesar 1.5 juta rupiah
- Kilau 2: Dapatkan potongan 150 ribu rupiah* untuk perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan minimal transaksi 1 juta rupiah

Menarik bukan? Sudah saatnya nih untuk memperoleh kembali kilau sempurna mobil Toyota AutoFamily dengan klik button di bawah ini lalu klik Log In dan Book Sekarang untuk nikmati promo Toyota Pilihan Kilau!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.


01 Agustus 2022
More News
digiroom
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF