Dijamin Ampuh Lindungi Mobil Anda dari Bahaya Tikus Dengan 7 Cara Ini"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Dijamin Ampuh Lindungi Mobil Anda dari Bahaya Tikus Dengan 7 Cara Ini

Tikus, salah satu jenis hewan pengerat yang banyak dibenci orang karena sering merugikan. Selain merusak tanaman, keberadaannya juga bisa membahayakan mobil anda, lho. Apalagi bila tikus sampai masuk ke dalam kap mobil milikmu dan menggigiti kabel-kabel yang ada di dalam mesin. Bukan tidak mungkin akan terjadi korsleting pada mobil anda hingga kerusakan yang cukup fatal pada mesin mobil anda.

Ada beberapa tanda bila tikus sudah terlanjur masuk ke dalam kap mesin mobil anda, seperti: anda akan menemukan daun yang bahkan anda tak pernah menaruhnya di mesin mobil, kotoran tikus yang berceceran di sudut-sudut kap mesin mobil, serta bau tidak enak khas bau tikus yang akan tercium saat anda membuka kap mesin mobil.

Tapi anda nggak perlu khawatir dulu, karena ada beberapa cara untuk mencegah masuknya hewan pengerat tersebut ke dalam mobil kesayanganmu. Simak berikut ulasan selengkapnya.

1.   Menyebar kapur barus atau kamper di dalam ruang mesin mobil

Tikus rupanya sangat membenci aroma kapur barus atau kamper. Nah, anda bisa menumbuk atau menghancurkan kapur barus/kamper terlebih dulu, baru kemudian anda bisa menyebarkannya ke seluruh mesin mobil. Ingat, anda harus menyebarkan kapur barus/kamper hingga merata sampai ke seluruh sudut-sudut mesin mobil, ya. Agar tikus benar-benar enggan masuk ke dalam kap mobil anda.

2.   Menyemprotkan cairan anti tikus ke dalam ruang mesin mobil

Buat anda yang tidak tahan atau punya alergi dengan aroma kapur barus/kamper, anda juga bisa menggunakan cairan spray anti tikus yang bisa anda beli di toko-toko perlengkapan otomotif. Karena spray hanya bersifat sementara, anda bisa menyemprotkan cairan anti tikus ke kain lalu letakkan kainnya di sudut-sudut mesin mobil. Akan tetapi lebih baik lagi anda meletakkan kain basah tersebut ke sela-sela filter udara atau melilitkan kain tersebut ke selang ac agar aromanya merata sehingga tikus tak akan memasuki kap mobil anda.

3.   Menggunakan cara ekstrim dengan alat ultrasonik pengusir tikus

Nah, jika tikus yang menyerang mobil kesayanganmu sudah sudah terlanjur parah, seperti sudah terlalu banyah menggerogoti kabel dan membuat mesin mobil tampak sangat kotor, anda mungkin akan membutuhkan cara yang lebih ekstrim ini. Kini, tersedia banyak alat ultrasonic yang mampu mengusir tikus dengan cepat dan mudah.

Alat ini bekerja dengan mengeluarkan suara ultrasonic frekuensi rendah yang cukup mengganggu tikus apabila terdengar. Nah, secara alamiah tikus akan menjauhi sumber suara seperti ini. Kita hanya perlu membeli alat elektronik pengusir tikus ini lalu menghubungkan kabel positif ke baterai dan kabel negatif ke masa. Letakan alat ini didalam ruang mesin dengan posisi yang aman (jauh dari sumber panas).

Dimalam hari, atau ketika mobil akan diparkirkan dibagasi hidupkan alat ini dengan menekan saklarnya. Namun perlu diingat, alat ini bekerja menggunakan arus listrik dari aki selama semalaman. Jadi pastikan kondisi aki mobil anda masih sehat ya, agar saat pagi hari aki tidak tekor dan mobil bisa dihidupkan secara normal.

4.   Memasang lampu LED low voltage di dalam ruang mesin mobil

Kalau menurutmu alat elektronik pengusir tikus terlalu boros energi, anda juga bisa menggunakan lampu LED ultra low voltage. Dengan daya yang dikeluarkan tidak sampai 1 watt, lampu ini cukup efektif untuk mencegah tikus masuk ke kap mesin mobil. Cukup dengan meletakkan lampu LED di area mesin yang ditemukan kotoran tikus lalu hidupkan dikala mobil anda diparkirkan. Maka tikus akan enggan untuk masuk ke kap mesin karena kondisinya yang terang.

5.   Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin mobil setiap hari

Perlu anda ingat bahwa tikus menyukai tempat yang tenang dan lembab. Nah, bila anda jarang memanaskan mobil anda, otomotis mesin mobil anda akan lembab dan menjadi tempat yang tenang untuk tikus bersembunyi di dalamnya. Karena itulah jangan sampai lupa untuk memanaskan mobil kesayanganmu setiap hari, ya.

6.        Lakukan pembersihan mesin mobil agar tetap kinclong

Bila sudah pernah ada tikus yang masuk ke dalam kap mesin mobil anda, anda sebaiknya cepat-cepat untuk membersihkan mesin mobil anda dari kotoran serta baunya, ya. Karena bau dan kotoran yang tersisa di dalam kap mesin mobil anda justru akan mengundang tikus-tikus lain untuk datang dan bersembungi di dalam kap mesin mobil anda.

7.   Jangan memarkirkan mobil di dekat selokan atau semak-semak

Apabila keenam cara di atas sudah anda coba, hal terakhir tapi yang paling utama anda lakukan untuk mencegah masuknya tikus ke dalam kap mesin mobil adalah anda tidak boleh memarkirkan mobil di sembarang tempat. Selokan dan semak-semak adalah tempat-tempat yang biasa jadi habitat tikus. Karena itulah anda harus menghindari dua area ini saat akan memarkirkan mobil anda.

Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000​​​​​​​

Share this article
Tanya Tasia