LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

7 Cara Mengusir Tikus di Mobil Dijamin Ampuh 

Cara mengusir tikus di mobil memang agak rumit. Apalagi bila tikus sampai masuk ke dalam kap mobil milikmu dan menggigiti kabel-kabel yang ada di dalam mesin. 

Bukan tidak mungkin akan terjadi korsleting pada mobil anda hingga kerusakan yang cukup fatal pada mesin mobil anda.

Ada beberapa tanda bila tikus sudah terlanjur masuk ke dalam kap mesin mobil anda, seperti: anda akan menemukan daun yang bahkan anda tak pernah menaruhnya di mesin mobil, kotoran tikus yang berceceran di sudut-sudut kap mesin mobil, serta bau tidak enak khas bau tikus yang akan tercium saat anda membuka kap mesin mobil.

Tapi anda nggak perlu khawatir dulu, karena ada beberapa cara untuk mencegah masuknya hewan pengerat tersebut ke dalam mobil kesayanganmu. Simak berikut ulasan selengkapnya terkait cara mengusir tikus di mobil yang ampuh: 


1.   Menyebar kapur barus atau kamper di dalam ruang mesin mobil

Tikus rupanya sangat membenci aroma kapur barus atau kamper. Nah, anda bisa menumbuk atau menghancurkan kapur barus/kamper terlebih dulu, baru kemudian anda bisa menyebarkannya ke seluruh mesin mobil. 

Ingat, anda harus menyebarkan kapur barus/kamper hingga merata sampai ke seluruh sudut-sudut mesin mobil, ya. Agar tikus benar-benar enggan masuk ke dalam kap mobil anda. Ini cara mengusir tikus di mobil yang sering sekali diandalkan oleh banyak orang. 


2.   Menyemprotkan cairan anti tikus ke dalam ruang mesin mobil

Buat anda yang tidak tahan atau punya alergi dengan aroma kapur barus/kamper, anda juga bisa menggunakan cairan spray anti tikus yang bisa anda beli di toko-toko perlengkapan otomotif. 

Karena spray hanya bersifat sementara, anda bisa menyemprotkan cairan anti tikus ke kain lalu letakkan kainnya di sudut-sudut mesin mobil. Akan tetapi lebih baik lagi anda meletakkan kain basah tersebut ke sela-sela filter udara atau melilitkan kain tersebut ke selang ac agar aromanya merata sehingga tikus tak akan memasuki kap mobil anda.


3.   Menggunakan cara ekstrim dengan alat ultrasonik pengusir tikus

Nah, jika tikus yang menyerang mobil kesayanganmu sudah sudah terlanjur parah, seperti sudah terlalu banyak menggerogoti kabel dan membuat mesin mobil tampak sangat kotor, anda mungkin akan membutuhkan cara yang lebih ekstrim ini.

​​​​​​​Kini, tersedia banyak alat ultrasonic yang mampu mengusir tikus dengan cepat dan mudah. Cara mengusir tikus di mobil yang satu ini perlu berhati-hati dan teliti supaya tidak merusak interior dan mesin mobil. 

Alat ini bekerja dengan mengeluarkan suara ultrasonic frekuensi rendah yang cukup mengganggu tikus apabila terdengar. Nah, secara alamiah tikus akan menjauhi sumber suara seperti ini.

Kita hanya perlu membeli alat elektronik pengusir tikus ini lalu menghubungkan kabel positif ke baterai dan kabel negatif ke masa. Letakan alat ini didalam ruang mesin dengan posisi yang aman (jauh dari sumber panas).

Dimalam hari, atau ketika mobil akan diparkirkan dibagasi hidupkan alat ini dengan menekan saklarnya. Namun perlu diingat, alat ini bekerja menggunakan arus listrik dari aki selama semalaman. 

Jadi pastikan kondisi aki mobil anda masih sehat ya, agar saat pagi hari aki tidak tekor dan mobil bisa dihidupkan secara normal.


4.   Memasang lampu LED low voltage di dalam ruang mesin mobil

Kalau menurutmu alat elektronik pengusir tikus terlalu boros energi, anda juga bisa menggunakan lampu LED ultra low voltage.

Dengan daya yang dikeluarkan tidak sampai 1 watt, lampu ini cukup efektif untuk mencegah tikus masuk ke kap mesin mobil. Cukup dengan meletakkan lampu LED di area mesin yang ditemukan kotoran tikus lalu hidupkan dikala mobil anda diparkirkan. Maka tikus akan enggan untuk masuk ke kap mesin karena kondisinya yang terang.


5.   Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin mobil setiap hari

Perlu anda ingat bahwa tikus menyukai tempat yang tenang dan lembab.

Nah, bila anda jarang memanaskan mobil anda, otomotis mesin mobil anda akan lembab dan menjadi tempat yang tenang untuk tikus bersembunyi di dalamnya. Karena itulah jangan sampai lupa untuk memanaskan mobil kesayanganmu setiap hari, ya.


6.   Lakukan pembersihan mesin mobil agar tetap kinclong

Bila sudah pernah ada tikus yang masuk ke dalam kap mesin mobil anda, anda sebaiknya cepat-cepat untuk membersihkan mesin mobil anda dari kotoran serta baunya, ya. 

Karena bau dan kotoran yang tersisa di dalam kap mesin mobil anda justru akan mengundang tikus-tikus lain untuk datang dan bersembungi di dalam kap mesin mobil anda.

Baca juga: Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus


7.   Jangan memarkirkan mobil di dekat selokan atau semak-semak

Apabila keenam cara di atas sudah anda coba, hal terakhir tapi yang paling utama anda lakukan untuk mencegah masuknya tikus ke dalam kap mesin mobil adalah anda tidak boleh memarkirkan mobil di sembarang tempat.

Selokan dan semak-semak adalah tempat-tempat yang biasa jadi habitat tikus. Karena itulah anda harus menghindari dua area ini saat akan memarkirkan mobil anda.

Nah itu dia seputar cara menngusir tikus di mobil dari Auto2000. Jika AutFamily merasa kebingungan untuk mengatasi ini, Anda dapat menghubungi kami di layanan bengkel Auto2000. Jangan lupa juga untuk melihat spesifikasi mobil baru Toyota 2020
​​​​​​​
Baca juga: Toyota Sienta: Harga dan Spesifikasi Terbaru 2020


 

​​​​​​​ PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 PROMO2 ​​​​​​​

promo sehat toyotaku ​​​​​​​ lebih ringan cicil toyota ​​​​​​​​​

corolla cross digiroom new normal deals ​​​​​​​ corolla cross saatnya merdeka

saatnya merdeka promo ​​​​​​​ bayar setengah cicilan promo

promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​ promo perkasa​​​​​​​

promo viosvaganza​​​​​​​ ​​​​​​​ promo new yaris

promo spontan​​​​​​​
Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF