Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Begitu Masuk Mobil Dilarang Langsung Nyalakan AC

Begitu Masuk Mobil Dilarang Langsung Nyalakan AC

Berita
17 Oct 2019

Masuk ke dalam mobil saat cuaca panas memang maunya langsung nyalakan AC. Apalagi kondisi mobil yang juga terparkir dibawah terik matahari secara langsung, tentu rasanya seperti masuk ke dalam oven. Tapi, tetap saja tak baik langsung menyalakan AC.

Kenapa? Ini alasannya.

Menimbulkan reaksi kimia berbahaya untuk tubuh

Beberapa benda yang ada di dalam mobil seperti pengharum ruangan, bahan pelapis jok hingga material plastik menjadi sumber masalahnya. Sinar matahari langsung yang panas menyebabkan reaksi tertentu pada benda-benda tersebut. Berbagai senyawa baru yang berbahaya pun muncul, salah satunya adalah benzena yang terkenal sebagai racun penyebab kanker. Benzena yang muncul akan disirkulasikan oleh AC sehingga penumpang yang menghirup udara AC mobil otomatis dapat terkena polusi ini.

BACA JUGA :  Kapan Waktu Terbaik Untuk Ganti Ban Mobil

Karena bersifat racun, benzena mampu memengaruhi ginjal dan hati karena dua organ yang berperan sebagai penyerap racun tersebut kesulitan mengeluarkannya. Tidak hanya itu, benzena juga mampu meracuni tulang dalam tubuh shingga menyebabkan anemia dan penurunan jumlah sel darah putih. Semakin lama terhirup dalam tubuh, maka benzena dapat menimbulkan leukimia yang memperparah risiko kanker. Bagi ibu hamil, benzena juga mampu mengakibatkan keguguran.

BACA JUGA : 4 Langkah Awal Menangani Mobil Mogok

Dapat memicu kecelakaan

Saat mobil berada di dalam ruangan dengan jendela tertutup, benzena dapat terproduksi antara 400-800 mg. Bila diparkir di luar ruangan dan dibawah terik matahari pada temperatur 15 derajat celcius ke atas, tingkat kepadatan benzena bisa mencapai 2.000 – 4.000 mg. Padahal, tingkat toleransi manusia terhadap racun benzena hanya 50mg/ft2.

Gas ini tak berbau dan tak berwarna jadi sulit untuk dideteksi. Orang yang mengalami keracunan, umumnya akan merasa mengantuk, pusing, atau mual setelah menghidupkan AC. Hal ini yang bisa memicu kecelakaan di jalan raya.

BACA JUGA : Persiapan untuk Mobil di Musim Hujan

Nah karena alasan diatas maka cara terbaik adalah dengan membuka kaca pintu, nyalakan blowernya saja dulu dan tunggulah sekitar 5 menit-10 menit agar suhu menurun baru Auto Family boleh menyalakan AC.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.