Loading...
Auto2000 Mobile
Lebih nyaman dengan Auto2000 mobile.
Booking servis tidak pakai antri!
Nanti saja »
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Begini Cara Paling Mudah Merawat Airbag Mobil Toyo...

Begini Cara Paling Mudah Merawat Airbag Mobil Toyota

Berita
05 Dec 2018

Auto2000.co.id – Airbag kini menjadi fitur keselamatan pasif yang sudah lazim diterapkan pada semua mobil, termasuk tiap model Toyota yang dipasarkan di Indonesia.

Setelah beberapa waktu lalu, sempat membahas fungsi dan cara kerjanya, kini giliran sedikit mengupas mengenai perawatannya.

Meski airbag merupakan komponen yang bisa dibilang jarang sekali digunakan, namun bukan berarti kantung udara ini tidak perlu diperiksa kondisinya.

Mengingat perannya yang vital untuk melindungi pengendara dan penumpang saat terjadi benturan, maka pemilik kendaraan wajib memastikan fitur ini dalam kondisi yang baik.

BACA JUGA : Simak Daftar Mobil Toyota yang Sudah Mengandung Teknologi CVT

Suparman, selaku Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, menjelaskan pada dasarnya tidak ada patokan resmi kapan airbag harus mendapat perawatan rutin layaknya komponen lain. Namun bukan berarti airbag merupakan kategori komponen free maintenance.

“Pada dasarnya airbag tidak ada perawatan rutin, karena termasuk dalam komponen yang bersifat statis dan standby,” ujar Suparman (5/12/2018).

“Artinya dalam kondisi tertentu, komponen ini baru bisa digunakan atau bekerja, yang dimaksud dalam hal ini sudah tentu saat terjadi benturan atau crash,” jelasnya.

Untuk memastikan kondisi airbag dalam posisi tanpa masalah, menurut Suparman, ada cara paling mudah yang bisa dilakukan  pemilik mobil. Patokannya hanya memperhatikan indikator yang berada di instrument cluster yang ada pada speedometer.

BACA JUGA : Mau Beli Mobil Lewat Aplikasi dan Dapat Bonus Promo Memikat? Begini Caranya

Pemilik mobil cukup melihat apakah indikator airbag itu menyala saat kunci mobil mulai diputar. Bila ternyata kunci sudah dalam posisi “on”, namun indikator masih terus menyala, maka patut dicurigai ada masalah pada komponennya.

“Sebelum kunci dalam posisi “on”, biasanya itu kan speedometer bergerak lalu semua lampu indikator pada mobil juga menyala. Untuk airbag ini biasanya akan menyela selama 10 detik,” jelasnya.

“Kalau sampai kunci sudah berada pada posisi on tapi ternyata indikator airbag masih terus menyala, berarti ada sistem yang mulfungsi di sana,” kata Suparman.

Ketika dihadapi dalam situasi tersebut, Suparman menyarankan baiknya pemilik mobil, khususnya Toyota, jangan menunda-nunda untuk membawa mobil segera ke bengkel resmi terdekat.

BACA JUGA : Mau Oli TMO Gratis? Manfaatkan Layanan Bermodalkan Klik di Ponsel Ini

Pemeriksaan lebih lanjut dari para teknis sangat dibutuhkan karena menyangkut sistem keselamatan pada kendaraan yang menjaga Anda di jalan dari potensi cidera saat kecelakaan.

“Sama halnya dengan rem, kalau memang sudah aus atau sekiranya jarak pengereman sudah mengendur, pemilik mobil juga wajib memeriksa kondisinya,” urainya lagi.

“Ini penting karena rem merupakan senjata utama untuk mereduksi kecepatan mobil, sementara airbag menjadi pelindung utama bagi seluruh penumpang mobil saat terjadi benturan,” papar Suparman.

Pemeriksaan airbag pada mobil Toyota di jaringan Auto2000, akan dilakukan menggunakan Intelegent Tester. Alat ini memiliki fungsi membaca kondisi sensor dan jaringan pada sistem, untuk memastikan apakah terjadi open atau short circuit untuk menghindari airbag tidak mengembang atau fitur lainnya tidak berfungsi ketika dibutuhkan.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.