Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA ยป
Home - Berita - Auto2000 Tabanan Beberkan Tips Rawat Ban Kendaraan

Auto2000 Tabanan Beberkan Tips Rawat Ban Kendaraan

Promo Cabang
14 May 2019

Ban merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Kualitas ban yang baik akan sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan berkendara. Hal ini karena benda dari karet yang berbentuk bulat ini bersentuhan langsung dengan aspal setiap saat. Memastikan ban berada dalam kondisi prima saat akan memakai mobil tentu merupakan tanggung jawab seorang pemilik mobil yang baik.

Rata-rata ban bisa digunakan hingga tiga sampai lima tahun, bergantung pada kualitas dan cara pemakaian. Apabila ban mulai terlihat ‘gundul’ dan sudah terjadi perubahan bentuk, harus segera diganti agar tidak membahayakan apabila terjadi selip atau pecah ban tiba-tiba di jalan. Nah, supaya ban Anda awet dan dapat dimanfaatkan secara maksimal, beberapa tips berikut dapat coba diterapkan.

Cek tekanan angin secara berkala

Tekanan udara dalam ban harus diatur sedemikian rupa agar nyaman dipakai. Jangan terlalu keras sehingga membuat ban cepat aus dan sulit dikontrol. Namun juga tak boleh terlalu ringan karena akan membuat tarikan mesin menjadi berat. Tekanan dalam ban biasanya juga akan berkurang dengan sendirinya meski mobil jarang dipakai. Anda disarankan mengecek tekanan angin dalam ban tiap minimal 2 minggu sekali atau ketika akan dipakai berkendara jarak jauh demi keselamatan.

Pakai nitrogen untuk pengisian angin ban

Penggunaan nitrogen memiliki beberapa keuntungan yang akan membuat ban menjadi lebih awet. Nitrogen menjaga kondisi ban tetap dingin meski harus terus bergesekan dengan aspal jalan. Nitrogen juga membuat tekanan angin dalam ban lebih stabil sehingga tidak mudah kempes.

Berkendara dengan aman

Sikap Anda saat berkendara di jalanan juga akan sangat berpengaruh pada umur ban. Apabila Anda sering mengerem mendadak atau melakukan tikungan tajam, tentu akan membuat ban lebih cepat aus. Selain itu menghindari lubang di jalanan juga dapat dilakukan agar bentuk ban tetap terjaga. Hal ini tentunya memerlukan kesadaran Anda sebagai pengemudi untuk selalu tertib saat berlalu lintas.

Jangan kelebihan beban

Beban yang berlebihan di dalam mobil bisa membuat sambungan benang nilon pada lapisan ban putus dan ban bisa pecah tiba-tiba. Hal ini tentu sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kecelakaan. Biasanya ada kode yang tertera pada bagian ban mengenai kapasitas beban yang bisa ditahan ban tersebut.

Jangan sembarangan modifikasi ban

Tiap mobil memiliki spesifikasi khusus dan tentunya ban yang dipakai akan menyesuaikan fungsinya. Terkadang ada yang mengganti ban untuk modifikasi namun tidak sesuai standar mobil yang dipakai. Hal ini tentu akan mengganggu fungsi ban dan berbahaya karena perbedaan antara ukuran ban dan beban yang harus ditanggung.

Cek ke bengkel secara berkala

Peralatan yang lengkap dan pengetahuan mekanik bengkel tentang ban diharap bisa selalu menjaga kondisi ban mobil Anda agar selalu prima. Untuk itu datangi Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan yang beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan Bali atau hubungi nomor telepon 0361-9332000 untuk Booking Service terlebih dahulu.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.