Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - 5 Hal yang akan terjadi pada kendaraan saat kelebi...

5 Hal yang akan terjadi pada kendaraan saat kelebihan muatan

Promo Cabang
16 May 2019

Nuansa Liburan semakin dekat, Auto Family pun pastinya sudah mempersiapkan untuk hal tersebut. Perhatikan 5 hal berikut ini untuk menjaga kondisi kendaraan Auto Family dari kerusakan yang parah. Berikut 5 Hal yang akan terjadi pada kendaraan saat kelebihan muatan.

Rem Semakin Sering Dipakai

Secanggih apapun mobil atau kendaraan roda empat lainnya, jika muatannya berlebih pasti remnya akan bekerja lebih keras dari pada biasanya. Rem mobil cenderung bekerja lebih efisien pada mobil yang bermuatan ringan. Namun, jika muatan berlebih, atau sudah tida sesuai dengan kapasitasnya, semakin lama rem bekerja, semakin panas kampas rem yang menghimpit cakram. Resiko dari hal ini adalah rem bisa terbakar. Jika rem sudah terbakar, maka resiko untuk rem blong semakin besar. Jika sudah terjadi seperti ini, akan semakin besar juga kemungkinan untuk Auto Family mengganti beberapa parts sekaligus. Tentu hal ini akan berkaitan dengan ongkos perbaikan yang akan meningkat dari pada biasanya.

BACA JUGA : Cara Berkendara Irit Saat Mudik Perhatikan Langkahnya

Akselerasi Lambat

Membawa muatan harus menyesuaikan dengan kapasitas mesin yang dimiliki mobil. Kendaraan roda empat dengan kapasitas mesin 1.000-1.200 cc dapat berakselerasi lancar dengan membawa kurang dari lima orang. Intinya, semakin banyak muatan yang dibawa, semakin lambat akselerasinya. Sehingga, bahan bakar yang terbuang jauh lebih banyak. Beban yang melebihi muatan akan memaksa kendaraan mengeluarkan tenaga lebih untuk membawa hal itu semua. Oleh karena itu, logikanya, jika tenaga yang diperlukan besar maka bahan bakar yang diperlukan, juga besar. Jadi, jangan heran jika kendaraan Auto Family mempunyai beban yang melebihi kapasitas, bahan bakar pun akan cepat habis.

Memperpendek Usia Suspensi, Ban dan Kanvas Kopling

Untuk Auto Family yang akan berpetualang jauh, namun membawa beban yang melebihi kapasitas, jangan harap jika usia suspense,ban serta Kopling akan awet nih. Ketiga komponen ini sama vitalnya dengan rem. Yang pertama soal suspensi. Tugasnya menopang bodi kendaraan. Nah, semakin berat muatan yang dibawa, semakin berat pula kerja suspensi yang bergerak naik-turun. Jika suspensi sudah kesulitan menahan beban, ban adalah korban selanjutnya. Beban berat akan menahan ban untuk bekerja maksimal. Terutama saat belok, di mana ban bakal mencari grip sehingga membuatnya cepat aus. Kanvas kopling pun akan cepat tipis karena harus berusaha lebih keras saat membawa beban yang berlebihan.

Sulit Dikendalikan

Kendaraan yang membawa muatan berlebih pasti sulit untuk dikendalikan. Hal tersebut pasti berasal dari sistem transmisi dengan pengendalian yang sulit dari stir. Kecenderungan ini akan terlihat saat mobil melakukan maneuver dengan muatan berlebih, dan sulit untuk dikendalikan. Jelas hal ini sangat berbahaya untuk keselamatan. Mobil yang Auto Family tumpangi akan kesulitan untuk melakukan gerakan mendadak, seperti saat belok atau menyalip mobil yang ada di depan. Hal ini juga berlaku pada sistem transmisi pada saat jalan menanjak. Kalau sudah sulit dikendalikan, ada baiknya dengan bijak Auto Family mengurangi beban bawaan, jangan sampai beban bawaan ini justru akan mencelakakan diri. Oleh karena itu, perhatikan selalu barang bawaan Auto Family, ya.

BACA JUGA : Merawat Ban Serep Penting Tapi Sering Terlupakan

Mesin Cepat Panas

Hal terakhir yang berkaitan dengan akibat jika membawa beban lebih banyak dari kapasitas yang seharusnya saja, adalah mesin cepat panas. Hal ini juga berhubungan dengan alasan nomor dua, yaitu akselerasi lambat. Semakin lambat, semakin lama juga tenaga yang dihasilkan, serta semakin keras juga mesin utama bekerja. Kalau sudah begini, kemungkinan suhu udara dalam mesin akan meningkat drastis, dan membatasi sirkulasi udara di dalam kap mobil tersebut.Kalau sudah begini, jangan heran jika sinyal overheat akan menyala di dalam dashboard mobil. Resiko overheat karena hal ini cukup besar karena biasanya tidak hanya kelebihan suhu panas, namun yang ditakutkan juga adalah kebocoran dari tempat radiator.

Wah bagaimana nih Auto Family? Dengan lima alasan di atas, apakah masih mau untuk membawa semua barang-barang ke dalam mobil? walau akan Mudik dan melakukan perjalanan yang panjang, tidak berarti semua barang bisa di bawa. Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.