Avanza Pop You Up “Ceritakan Mimpimu dan Kami Wujudkan Untukmu” Lima Pemilik Avanza Wujudkan Mimpinya

Jakarta,

Terwujud sudah lima cerita dari para pemilik Toyota Avanza mengenai mobil impian mereka, dalam event Avanza Pop You Up “Ceritakan Mimpimu dan Kami Wujudkan Untukmu” yang diselenggarakan PT Toyota-Astra Motor (TAM).

“Selamat kepada para pemilik Avanza yang terwujud mimpinya. Dan tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pemilik Avanza atas partisipasinya mengikuti program ini. Kami harapkan Avanza Pop You Up ini dapat  menjadi inspirasi bagi pemilik Avanza lainnya untuk menghadirkan mobilnya sesuai dengan karakter maupun personalisasi mereka masing-masing,” kata Direktur Marketing TAM, Rahmat Samulo pada penyelenggaraan Avanza Pop You Up, Mal Kelapa Gading Jakarta Utara, Sabtu (22/11).

Kelima pemilik cerita yang telah diwujudkan mimpinya tersebut adalah Budiono Harianto bersama anaknya Bernard dengan tema Black TRD, Eka Martiningsih dengan tema Alto Police Academy, Oktavianus Agung Taryadi dengan tema Black Street Style, Melissa Maureen dengan Purple Monster High Anime serta Wong Tjwen Hwie yang hadir dengan Batik Indonesia Maju.

Avanza Pop You Up “Ceritakan Mimpimu dan Kami Wujudkan Untukmu” yang digelar TAM sejak pertengahan Agustus hingga awal Oktober 2014 lalu merupakan bagian dari program Avanza “Satu Untuk Sejuta Impian”. Aktifitas ini digelar untuk memberikan kesempatan bagi pemilik Avanza yang ingin melakukan personalisasi terhadap Avanza mereka. Selama waktu tersebut, TAM menerima ratusan cerita menarik tentang keinginan para pemilik Avanza untuk menampilkan mobilnya sesuai mimpi yang ingin diwujudkan.

“Kami sampaikan apresiasi kami kepada pemilik Avanza di seluruh wilayah Indonesia. Berkat kepercayaan Anda, Avanza masih menjadi pillhan utama sebagai MPV yang ideal bagi keluarga Indonesia dengan market share sebesar 40% dari Januari hingga Oktober 2014. Dari total 1,2 juta unit lebih, banyak pemilik Avanza yang melakukan personalisasi sehingga membuat Avanza tampak semakin fresh, sporty serta unik, ini berkat kreatifitas para pemilik Avanza di seluruh Indonesia,” kata Rahmat Samulo.

General Manager Corporate Planning and Public Relation TAM, Widyawati Soedigdo menambahkan, Avanza Satu untuk Sejuta Impian ini merupakan wujud terima kasih dan apresiasi Toyota atas kepercayaan masyarakat dan pelanggan setia terhadap upaya menghadirkan Avanza sebagai kendaraan ideal bagi keluarga Indonesia. Toyota Avanza sebagai kendaraan “Satu Untuk Sejuta Impian” tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia selama 10 tahun keberadaanya di Tanah Air.

Karena itu, TAM selalu berupaya menggelar program maupun even-even menarik bagi para pelanggan setia, khususnya para pengguna Toyota Avanza di seluruh Indonesia. “Selain Avanza Pop You Up,  berbagai bentuk kegiatan apresiasi sebagai implementasi Avanza Satu untuk Sejuta Impian telah banyak dilakukan Toyota sebelumnya seperti Avanzanation yang secara kontinu terus diselenggarakan tidak hanya di Jakarta tetapi juga di berbagai kota di Indonesia sejak 2008. Selain itu diadakan juga Avanza Mudik, Avanzanation Journey sebagai kegiatan apresiasi Toyota terhadap konsumen Avanza di seluruh wilayah Indonesia.

Tak hanya itu, Toyota juga mengadakan pula Avanza Garage yang hadir dengan suasana casual bagi pengunjung mall khusus-nya bagi calon konsumen Avanza untuk dapat mengenal lebih dalam mengenai Avanza. Avanza Merdeka yang diadakan dalam rangka merayakan kemerdekaan HUT RI-69 serta Avanza Explore yang menghadirkan wadah bagi calon pemilik Avanza dan Veloz untuk mengeksplorasi Low MPV 7-seater terlaris di Indonesia. “Selain bentuk apresiasi Toyota kepada mereka, kegiatan-kegiatan ini juga untuk makin mendekatkan Toyota kepada para masyarakat pemilik dan calon pemilik kendaraan Toyota, di seluruh wilayah Indonesia,” tutur Widyawati.

Selain di Jakarta yang diawali bulan Juli lalu, sebelumnya Toyota juga menggelar Avanza Pop You Up di Semarang dan Surabaya, masing-masing pada akhir Oktober dan awal November 2014 lalu. Kini, giliran Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan Avanza Pop You Up sekaligus untuk menampilkan mobil-mobil Avanza yang telah didandani pemiliknya sesuai dengan mimpi-mimpi mereka.

Di saat yang bersamaan, PT TAM juga mengadakan kegiatan Avanza Explore di lokasi yang sama. Pada Avanza Explore, konsumen Toyota khususnya yang datang di Mall Kelapa Gading dapat mengenal dan meng-eksplorasi Avanza khususnya Veloz. Tidak hanya itu, para pengunjung pun dapat menikmati waktu bersama keluarga pada Avanza Explore dengan berbagai game, foto serta priveledge khusus untuk pengunjung. Avanza Explore berlangsung dari tanggal 21 – 23 November 2014.

Kehadiran Toyota Avanza merupakan salah satu bukti bahwa Toyota senantiasa berupaya menghadirkan produk-produk otomotif  yang sesuai dengan karakteristik infrastruktur Indonesia dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Apalagi, sejak kehadiran Avanza yang di-develop khusus untuk pasar Indonesia oleh teknisi dan desainer handal Indonesia, pasar kendaraan low MPV di Indonesia semakin berkembang bahkan mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari 2003 hingga 2014.

“Kehadiran Avanza telah menstimulus makin berkembangnya industri otomotif nasional dan membantu pergerakan (mobilisasi) kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan local content yang mencapai 85%,  kehadiran Avanza mendukung perkembangan industri otomotif dalam negeri. Selain itu,  Avanza juga telah diekspor ke lebih dari 35 negara dan menandakan kualitas Avanza telah teruji berstandar Internasional,” kata Rahmat Samulo.

Mobil Buatan Indonesia Sudah Sama dengan Jepang

Surabaya -Mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia kualitasnya kini sudah tidak kalah dengan mobil buatan Jepang. Beberapa mobil komponen lokalnya sudah tinggi.

Kementerian Perindustrian pun membantah kalau Indonesia dikatakan sebagai negara yang hanya bisa ‘menjahit’ atau tidak bisa menciptakan komponen otomotif.

Hal itu dikatakan Dirjen Kerja Sama Industri Internasional Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Agus Tjahjana W usai menghadiri Sarasehan Nasional Yayasan Toyota Astra di Gedung Robotika Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), Rabu (19/11/2014).

“Tidak. Itu salah. Avanza sudah 80 persen kita kok. Yang masih kecil adalah kandungan rekayasanya,” katanya.

Bahkan Agus menyebut hasil produksi otomotif Indonesia sudah sama dengan Jepang. Bahkan kata dia, Jepang sudah membeli komponen otomotif buatan Indonesia.

“Produk kita sudah dipakai sama Jepang kalau tidak mana bisa. Jangan kata orang kita hanya ‘jahit’. ‘Jahit’ otomotif itu tidak seperti jahit pakaian dan komponennya sudah 80 persen kita yang buat,” tegas dia.

Ia juga mengungkapkan bahwa dunia otomotif sudah mengakui Indonesia sudah bisa dan berhasil membuat produk otomotif. Ia mencontohkan produk yang menggunakan kandungan lokal adalah Avanza dan Xenia.

“Tapi semua tergantung dengan dengan perkembangan infrastruktur di Indonesia yang bisa menghambat,” pungkas dia.

Zainal Effendi – detikOto