Toyota Lebih Percaya Kepada Manusia Dibandingkan Robot

Tokyo, -Kabar mengejutkan datang dari produsen otomotif nomor satu dunia Toyota dengan menyatakan, akan membuang robot dan memilih untuk menggunakan tenaga manusia dalam memproduksi kendaraan.

Seperti dilansir autonews dan Leftlanenews, Selasa (15/4/2014), dalam waktu dekat Toyota akan mengurangi produksi mereka yang menggunakan robot.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena Toyota ingin memotong biaya, mengurangi limbah dan meningkatkan kualitas (produk dan manusia-Red).

“Ketika saya masih junior, guru terhebat adalah berpengalaman. Sehingga kami bisa membuat apa saja (produk-produk terbaik Toyota),” ujar Toyota industrial engineer Mitsuru Kawai.

“Dan karena ini kita menjadi lebih solid dan harus kembali ke dasar (basic), untuk bisa lebih mempertajam keterampilan dan lebih berkembang,” tambahnya.

Prakteknya, para pekerja akan lebih banyak memiliki pekerjaan yang harus dilakukan. Seperti membentuk bodi di pabrik Toyota Honshu Jepang. Dan itu bukan perkara mudah.

Memang sejak 2010 Toyota kerap mendirikan 100 work station (pelatihan pekerja), namun jika dilihat sebelumnya, langkah memproduksi tanpa bantuan robot bisa membuat bahan baku hingga 10 persen dibandingkan menggunakan robot.

M Luthfi Andika – detikOto

Lexus NX Lahir Dalam Tiga Varian

Tokyo, KompasOtomotif - Lexus sudah memastikan akan menampilkan model terbaru NX di ajang Beijing Auto Show, 20 Maret 2014. Di hari yang sama, juga akan dipamerkan pada New York Auto Show di Amerika Serikat. Sport utility vehicle (SUV) kompak ini ditawarkan dalam tiga varian pilihan, antara lain turbo dan hibrida.

Akhir pekan ini, merek premium milik Toyota ini menampilkan gambar versi produksi. Ternyata sosoknya mirip dengan konsep yang dipamerkan di Frankfurt tahun lalu. Ketiga varian dibedakan dengan mesin yang digunakan, yakni NX200, NX300h (hibrida), dan NX200t (turbo). Ketiga varian ttersebut akan dipasarkan di Amerika Serikat. Untuk varian turbo akan dibekali sistem gerak roda depan dan semua roda.

Di segmen SUV kompak premium, Lexus akan menantang rival lain seperti BMW X3 dan Audi Q3. Ceruk pasar yang dituju adalah di bawah model RX yang selama ini banyak peminatnya di pasar global.
Beberapa kelengkapan baru yang diperkenalkan Lexus coba ditawarkan pada model ini. Mulai dari lampu depan sudah LED, lubang kunci tersembunyi pada pintu, termasuk pelek berdesain sporty 17 atau 18 inchi.

Di dalam interior akan ada matras pengisian baterai untuk ponsel, fitur Lexus Remote Touch Interface System yang pertama kalinya menggunakan tablet layar sentuh. Pada model-model sebelumnya, Lexus biasa menggunakan joystick. Juga ada layar tambahan, radar cruise control, dan blind spot monitor yang memperingatkan pengemudi jika ada kendaraan lain mendekat.