Astra Holiday Campaign 2014, Mudik Semakin Aman dan Nyaman Bersama Astra

JAKARTA: Grup Astra kembali memberikan layanan mudik, Astra Holiday Campaign (AHC). Program tahunan ini merupakan bentuk komitmen Grup Otomotif Astra untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran. Tahun ini AHC berlangsung sepuluh hari, mulai 25 Juli sampai dengan 3 Agustus 2014, di sepanjang jalur mudik dari Jawa hingga Bali.

Peresmian atau kick off AHC 2014 berlangsung hari ini Rabu, 23 Juli 2014 di kantor pusat PT Astra International Tbk di Jakarta. Dalam kick off AHC 2014, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto melakukan pelepasan armada dan mekanik yang akan bertugas, serta meninjau model Pos Rehat Astra. Di dalam model Pos Rehat Astra ditampilkan berbagai fasilitas dan layanan yang Astra sediakan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Astra bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia mengajak para pemudik untuk disiplin berlalu lintas, agar perjalanan mudik Lebaran semakin lancar, aman, dan nyaman. Bentuk dukungan Astra diwujudkan dengan menyediakan delapan tenda polisi yang letaknya berdekatan dengan Pos Siaga Astra, serta pemberian bantuan seratus tenda payung. Keseratus tenda payung ini selanjutnya akan diserahkan kepada Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia untuk mendukung tugas polisi lalu lintas dalam mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 2014.

Dari Ujung Ke Ujung Astra Menemani Perjalanan Mudik

Pada AHC tahun ini kolaborasi Grup Astra semakin solid dengan kehadiran Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, Peugeot, UD Trucks, Garda Oto, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance, TRAC, Astra Otoparts, Astra Honda Motor, FIF Group, Marga Mandalasakti dan AstraWorld. Sinergi ini merupakan upaya memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dan menjadikan perjalanan mudik semakin aman dan nyaman.

“Dalam AHC tahun ini, anak usaha Astra yang terlibat bertambah. Hal ini menunjukkan bahwa Astra senantiasa meningkatkan kerja sama antar anak usaha agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan yang melakukan perjalanan mudik. Harapannya, perjalanan mudik pelanggan akan semakin aman dan nyaman bersama Astra,” jelas Direktur PT Astra International Tbk Suparno Djasmin.

Selama sepuluh hari, Astra menyiapkan sembilan Pos Siaga yang buka 24 jam, di sepanjang jalur mudik Jawa-Bali untuk memberikan layanan servis ringan kepada para pemudik. Kesembilan Pos Siaga Astra berlokasi di:

  • Rest Area Km. 57 Tol Jakarta-Cikampek
  • Puncak Raya Hotel, Jln. Raya Puncak Km. 80, Cisarua Puncak
  • Rest Area Km. 68 B Tol Merak-Jakarta
  • Rumah Makan Asep Stroberi Jln. Raya Andir Kulon Km. 01, Nagrek
  • Rest Area Km. 226 A, Tol Palikanci, Cirebon
  • Rumah Makan Kardani Putra, Desa Penundan, Alas Roban
  • Jln. Raya Buntu Km. 01, Buntu
  • Rumah Makan Saradan Asri, Jln. Raya Saradan Km. 144, Caruban, Madiun
  • SPBU 54 821 11, Selabih Lalanglinggah, Selemadeg Barat, Tabanan, Bali

Selain servis ringan, di Pos Siaga Astra pemudik juga dapat beristirahat sejenak sambil menikmati fasilitas-fasilitas yang tersedia. Di beberapa lokasi Pos Siaga Astra dilengkapi dengan fasilitas pos rehat dengan ruangan ber-AC, makanan dan minuman ringan yang dapat dinikmati secara gratis, semua hal tersebut bertujuan untuk menambah kenyamanan pemudik.

Pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat memanfaatkan Bale Santai Honda yang berada di 25 lokasi di sepanjang Lampung hingga Bali. Bale Santai Honda menyediakan berbagai fasilitas untuk para pemudik, yaitu ruang istirahat ber-AC, mushola, alat pijat elektrik, televisi, Play Station, makanan dan minuman ringan gratis, servis motor, penjualan motor Honda, dan suku cadang.

Astra juga menyiapkan 33 unit Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld, 27 unit Garda Siaga dan 21 mobil servis untuk memberikan bantuan bagi mobil pemudik yang mengalami kejadian darurat. Sedangkan untuk pengendara sepeda motor, AHM dan jaringan main dealer menyiagakan 64 Honda Customer Assistance and Road Emergency (CARE) dari Lampung sampai Bali.

Melengkapi layanan kepada para pemudik yang membutuhkan bantuan selama Lebaran, Astra menyediakan 102 bengkel siaga dan 63 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Siaga. Bengkel siaga ini tetap buka selama libur Lebaran, pada pukul 08.00-16.00, untuk melayani pemudik yang memerlukan perbaikan pada kendaraannya. Sementara AHASS Siaga beroperasi pukul 07.00-23.00 (16 jam).

Astra pun menyiapkan tiga nomor contact center yang beroperasi 24 jam nonstop 7 hari seminggu untuk mempermudah para pelanggan mendapatkan informasi mengenai AHC 2014 atau memperoleh bantuan saat mengalami situasi darurat di jalan. Ketiga nomor tersebut adalah Call AstraWorld 500 898, Garda Call Akses 500 112, atau Honda Customer Care Center 500 989. Untuk pengguna telepon seluler berbasis GSM maka sebelum nomor telepon ditambahkan kode area lokasi penelepon.

Semua fasilitas yang diberikan bagi para pemudik terlaksana berkat dedikasi 600 teknisi mobil dan 1.288 mekanik motor. Para teknisi dan mekanik inilah yang melayani pemudik di pos dan bengkel siaga, posko dan AHASS siaga, serta membantu di lokasi pemudik melalui layanan ERA AstraWorld, Garda Siaga, Honda CARE, dan mobil servis.

Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) di AHC 2014
Sejak diluncurkan Astra pada 15 April lalu, sosialisasi dan edukasi gerakan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) terus dilakukan, salah satunya melalui program AHC 2014 dalam kegiatan-kegiatan berikut
ini:

  • Pemberian buku dan stiker Panduan Keselamatan Berlalu Lintas bagi
    para pemudik yang bertujuan untuk mengedukasi pemudik agar senantiasa berkendara dengan aman demi keselamatan semua pengguna jalan.
  • Bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia dalam penyediaan tenda pos polisi di sembilan lokasi Pos Siaga Astra.
  • Pemberian fasilitas Honda Riding Trainer di Posko dan pembagian Buku Safety Riding bagi para pemudik yang mengikuti program Mudik Bareng Honda dan pengunjung Posko Bale Santai Honda.

Pelaksanaan IAABL dalam layanan mudik AHC 2014 bertujuan mengajak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk bersama-sama menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dengan cara menjalankan budaya aman berlalu lintas. Hal ini dilatarbelakangi data Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia Indonesia tahun 2012 yang menyebutkan bahwa sebanyak tiga orang meninggal dunia per jam di Indonesia, dan 80% faktor penyebab utamanya adalah karena kelalaian manusia.

“Astra berharap melalui gerakan IAABL di AHC 2014, pemudik semakin disiplin dalam berkendara di jalan raya agar perjalanan mudik tahun ini akan semakin lancar dan aman, sehingga pemudik bisa tiba di kampung halaman dengan selamat,” ujar Chief of Corporate Communication, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas.

Mudik dan Balik Bareng Honda

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Astra Honda Motor selaku produsen motor Honda Kembali menyelenggarakan Mudik dan Balik Bareng Honda 2014. Kegiatan yang ditujukan bagi pemilik motor Honda ini akan mengangkut sepeda motor Honda menggunakan truk, serta memberangkatkan pemilik motor menggunakan bus, dari Jakarta menuju Semarang dan Yogyakarta.

Mudik Bareng Honda berlangsung Minggu, 20 Juli 2014 untuk pengangkutan sepeda motor Honda milik pemudik, dengan titik pemberangkatan di Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta. Pemilik motor yang ikut Mudik Bareng Honda akan mudik menggunakan bus pada Rabu, 23 Juli 2014 dari kantor Astra Honda Motor Sunter, Jakarta. Sedangkan pengangkutan motor dan pemberangkatan bus Balik Bareng Honda akan berlangsung Kamis, 31 Juli 2014 di Astra Motor Jombor, Yogyakarta.

Peserta Mudik dan Balik Bareng Honda akan mendapatkan fasilitas tempat duduk di bus ber-AC untuk dua orang, paket makan sahur dan buka puasa, satu liter bensin yang diisikan ke motor saat tiba di tempat tujuan, asuransi kecelakaan, dan kesempatan untuk mendapatkan hadiah doorprize dua unit sepeda motor Honda dan hadiah hiburan lainnya.

Mudik dan Balik Bareng Honda 2014 ini diikuti 1.200 sepeda motor Honda (2.400 orang) yang akan diangkut oleh 24 truk pengangkut sepeda motor dan 58 bus untuk para pemudik Honda.

Astra Ajak Pemudik Untuk Peduli Kesehatan dan Lingkungan Di AHC 2014, Astra mengajak para pelanggannya terlibat dalam kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Resposibilities (CSR) yang selama ini telah berjalan.

Setiap pemudik yang singgah di Pos Siaga Astra dipersilakan memanfaatkan layanan pemeriksaan kesehatan dan cek kadar gula darah secara cuma-cuma. Pemeriksaan kesehatan ringan yang diberikan oleh tenaga paramedis di Pos Siaga Astra mencakup pemeriksaaan tekanan darah, cek kadar gula darah menggunakan alat One Touch, dan pemberian obat-obatan untuk penyakit ringan serta pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Hal yang sama, seperti pemeriksaan kesehatan, pengobatan ringan dan P3K juga disediakan di Bale Santai Honda.

Melanjutkan program yang telah berjalan sejak tahun 2013 lalu, tahun ini pemudik yang singgah di Pos Siaga Astra juga dapat berpartisipasi dalam program Tanda Cinta Bumi. Caranya dengan membubuhkan tanda tangan di tempat-tempat yang disediakan di sembilan Pos Siaga Astra. Dari setiap tanda tangan yang diberikan, Astra akan menanam satu pohon yang akan ditanam di atas lahan seluas 100 hektar di Astra Sentul Eco Edu Tourism Forest (ASEETF). Inilah bentuk konsistensi Astra dalam menjaga lingkungan dalam bentuk penghijauan.

Ketika Mobil “Sejuta Umat” Tampil Tak Biasa

Jakarta, KompasOtomotif - Berstatus sebagai mobil paling laris se-Indonesia, Toyota Avanza tentu dapat dengan mudah dilihat di jalanan, perkantoran atau komplek-komplek perumahan. Kali ini, ada beberapa pengguna Avanza yang ingin tampil beda dengan memberikan sentuhan modifikasi ringan pada mobil.

Sembilan pemilik Avanza berbaju beda ini disatukan dalam wadah Avanza Pop You Up. Program ini digelar sebagai apresiasi Toyota Astra Motor (TAM) terhadap pemilik mobil sejuta umat yang kreatif dan ingin terlihat mentereng dibanding pemilik lain.

“Kami cukup terkejut melihat banyaknya pemilik Avanza yang mendandani kendaraan mereka, dan dapat menghadirkan unsur fun serta dinamis, namun tetap nyaman digunakan harian. Avanza ini mudah untuk diubah, dan mampu hadirkan identitas yang berbeda dari yang lain,” ujar General Manager Corporate Planning & Public Relation TAM Widyawati Soedigdo, di Jakarta, Senin (21/7/2014),

Sembilan Avanza Pop You Up pada kesempatan pertama ini, hadir dengan cerita dan desain yang berbeda sesuai karakter pemilik. Ubahan ringan mampu menghadirkan karakter yang beda, lebih dari sekadar kendaraan keluarga.

Program ini merupakan awal dari beraagam kegiatan terkait dengan Avanza Pop You Up. Selanjutnya, akan ada kegiatan lanjutan dengan berbagai bentuk dan acara yang akan membuat Avanza kian berbeda dan unik.

“Kami harapkan agar Avanza Pop You Up ini bisa menjadi inspirasi bagi pemilik lain di Indonesia yang ingin menjadikan Avanza mereka lebih personal sesuai karakter masing-masing,” tutup Widyawati.