Potensi Besar, Toyota Pantau Terus Indonesia

Depok -Toyota Motor Corporation menempatkan Indonesia sebagai salah satu pasar terpentingnya di dunia setelah Amerika, Tiongkok, dan Jepang. Maklum, sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, Indonesia memiliki potensi yang menjanjikan.

Perhatian besar Toyota Motor kepada Indonesia itu diungkapkan General Manager Corporate Planning and Public Relation PT Toyota-Astra Motor (TAM), Widyawati Soedigdo, di Universitas Indonesia, Depok Jabar, Rabu (22/4/2015).

“Indonesia (Toyota-Red) sejak 2013-2014, terus dipantau oleh Jepang (prinsipal Toyota-Red),” tutur perempuan yang akrab disapa Mbak Wid itu.

Menurutnya, dari sisi penjualan, tahun lalu Indonesia menempati urutan keempat dari pasar utama Toyota di dunia. Lantas akankah semua pabrikan juga Indonesia naik peringkat menjadi urutan ketiga?

Jawabannya belum karena tingkat pendapatan masyarakat masih di bawah negara-negara tersebut.

Atau, setiap negara bakal berlomba untuk dapat menjual kendaraan terbanyak nih? “Tidak seperti itu, karena kondisi tiap negara itu kan berbeda. Seperti negara timur tengah dan negara lainnya yang tengah berkembang, dan kita harus lebih meningkatkan kembali,” ujarnya.

“Karena kita (Indonesia-Red) memiliki potensi yang bagus, tapi belum masuk motorsiasi. Kalau negara lain, sudah memiliki perbandingan 50:1 (50 orang memiliki 1 mobil) dan kita belum seperti itu. Karena semuanya harus di tunjang dengan faktor ekonomis dan infrastruktur,” tambahnya.

M Luthfi Andika – detikOto

Toyota dan Astra Sudah Sumbang Rp 64 Miliaran untuk Pendidikan

Jakarta -Toyota sadar betul akan pentingnya dunia pendidikan di Indonesia. Bayangkan saja sejak 1974 silam, Toyota sudah menyumbang sampai Rp 64 miliar melalui Yayasan Toyota dan Astra (YTA).

“Lebih dari Rp 64 miliar kami ikut meningkatkan dunia pendidikan Indonesia. Dan ini diluar mesin, beasiswa, bantuan peneliti, bantuan alat peragaan, buku, dan sebagainya,” ujar Dewan Pembina YTA, yang sekaligus Wakil Presiden PT TAM Suparno Djasmin, di UI, Depok Jabar, Rabu (22/4/2015).

Selama lebih dari 40 tahun eksistensinya, YTA telah mengeluarkan total bantuan mencapai lebih dari Rp 64 miliar yang disalurkan dalam bentuk beasiswa, bantuan penelitian, dan donasi sarana pendidikan berupa alat peraga dan praktikum, mesin kendaraan, buku pendidikan, dll.

Sebagai catatan Yayasan Toyota dan Astra sudah memberikan beasiswa khusus kepada 74.628 siswa, beasiswa reguler kepada 17.571 mahasiswa, program master kepada 80 mahasiswa, bantuan penelitian kepada 418 dosen, kegiatan ilmiah sebanyak 243 kegiatan, riset teknologi sebanyak 16 peneliti, bantuan pendidikan 356 bantuan, Donasi buku sebanyak 59.165 buku, DVD manual book sebanyak 53 DVD manual book, Wall Charts sebanyak 1.619 charts.

Memasuki usia ke-40 Toyota menggelar kuliah umum, memberikan 40 mesin ke pada 40 SMK terpilih, kuliah umum di 5 Universitas ITB, ITS, UNDIP, USU, UI dan UNHAS.

Selain itu Toyota juga memberikan 18 unit termasuk All New Vios ke berbagai sekolah kejuruan dan Universitas.

M Luthfi Andika – detikOto