Laba Bersih Astra Semester I Tahun 2014 Naik 11% menjadi Rp 9,8 triliun

JAKARTA: PT Astra International Tbk dan anak perusahaannya (Astra atau Perseroan) pada hari ini, Kamis 24 Juli 2014, mengumumkan bahwa kinerja Perseroan dan anak perusahaan (Astra) semester I tahun 2014 menunjukkan peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun 2013.
Pendapatan bersih Astra sepanjang enam bulan pertama tahun 2014 mencapai Rp 101,5 triliun, naik 8% dibandingkan periode yang sama tahun 2013 sebesar Rp 94,3 triliun, sementara laba bersih naik sebesar 11% dari Rp 8,8 triliun menjadi Rp 9,8 triliun. Laba bersih per saham mengalami kenaikan sebesar 11% menjadi Rp 242 per saham.
“Bisnis Grup Astra mencatat hasil yang beragam pada semester pertama tahun 2014 ini, meskipun volume operasional masih tinggi. Kinerja keuangan hingga akhir tahun diperkirakan masih baik, walaupun kompetisi pada pasar mobil masih tinggi dan harga batu bara diperkirakan masih rendah,” ungkap Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.
Kegiatan Grup Astra fokus kepada enam lini bisnis inti, yaitu Divisi Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur, Logistik dan Lainnya, serta Teknologi Informasi dengan rincian sebagai berikut:

Divisi Otomotif

Laba bersih Divisi Otomotif turun sebesar 9% menjadi Rp 4 triliun.
Walaupun permintaan kendaraan bermotor tetap baik di semester pertama tahun 2014, perang diskon yang masih berlanjut di pasar mobil memberikan dampak pada turunnya laba bersih. Kontribusi laba bersih dari bisnis grup komponen juga mengalami penurunan, menyusul turunnya kepemilikan saham Perseroan di Astra Otoparts dari 95,7% menjadi 80% pada kuartal kedua tahun 2013.

Total penjualan mobil nasional meningkat sebesar 7% menjadi 642.000 unit. Penjualan mobil Grup Astra (Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks dan Peugeot) mengalami kenaikan 4% menjadi 334.000 unit, dengan pangsa pasar menurun dari 53% menjadi 52%. Sepanjang semester pertama tahun 2014, Astra meluncurkan 11 model baru dan 7 model facelift.

Sementara itu, penjualan sepeda motor nasional naik 7% menjadi 4,2 juta unit. Penjualan sepeda motor Honda keluaran PT Astra Honda Motor (AHM) naik 11% menjadi 2,6 juta unit, dengan peningkatan pangsa pasar dari 60% menjadi 62%. Di semester pertama tahun 2014 PT Astra Honda Motor meluncurkan 11 model facelift.

PT Astra Otoparts Tbk (AOP), perusahaan di bidang komponen otomotif yang 80% sahamnya dimiliki Perseroan, mencatat peningkatan volume penjualan walaupun laba bersih mengalami penurunan sebesar 11% menjadi Rp 454 miliar disebabkan oleh turunnya margin manufaktur.

Divisi Jasa Keuangan

Laba bersih Divisi Jasa Keuangan mengalami kenaikan 15% menjadi Rp 2,5 triliun. Apabila tidak memperhitungkan keuntungan dari akuisisi 50% saham Astra Aviva Life, maka laba bersih Divisi Jasa Keuangan turun sebesar 5% menjadi Rp 2 triliun. Pertumbuhan yang kuat, terutama dari Federal International Finance, tertekan oleh penurunan kontribusi dari Asuransi Astra Buana.

Total pembiayaan melalui bisnis pembiayaan otomotif Astra meningkat 11% menjadi Rp 30,9 triliun, termasuk pembiayaan melalui joint bank financing without recourse. Sementara itu total kredit yang diberikan melalui pembiayaan alat berat mengalami penurunan 23% menjadi Rp 2 triliun akibat penurunan penjualan alat berat.

PT Bank Permata Tbk yang 44,6% sahamnya dimiliki Perseroan, membukukan laba bersih sebesar Rp 800 miliar, mengalami penurunan sebesar 2%.

PT Asuransi Astra Buana (AAB), anak perusahaan yang bergerak di bidang asuransi mencatat penurunan laba bersih. Pertumbuhan yang kuat pada pendapatan premi kotor tertekan oleh penurunan kontribusi dari pendapatan investasi akibat adanya keuntungan pada kuartal pertama 2013 yang berasal dari penjualan kepemilikan reksadana.

Selama kuartal kedua, Perseroan telah menyelesaikan penjualan 25% saham di Astra Sedaya Finance kepada Bank Permata senilai Rp 2,2 triliun, dan menghasilkan laba Rp 1 triliun yang dibukukan langsung ke ekuitas.

Divisi Alat Berat dan Pertambangan

Laba bersih Divisi Alat Berat dan Pertambangan naik 41% menjadi Rp 2 triliun.

PT United Tractors Tbk (UT), yang 59,5% sahamnya dimiliki oleh Perseroan, melaporkan kenaikan pendapatan bersih sebesar 11% dan peningkatan laba bersih sebesar 42% menjadi Rp 3,3 triliun.
Pada segmen usaha mesin konstruksi, pendapatan bersih turun 1%, mencerminkan penurunan penjualan alat berat Komatsu sebesar 10% menjadi 2.207 unit, namun penurunan pendapatan tersebut cukup tertahan oleh kenaikan pendapatan pada suku cadang dan jasa purna jual.
PT Pamapersada Nusantara (PAMA), anak usaha UT di bidang kontraktor penambangan batu bara, diuntungkan oleh meningkatnya volume produksi batu bara pada stripping ratio yang lebih rendah. PAMA mencatat peningkatan pendapatan bersih sebesar 12% dikarenakan kontrak produksi batu bara meningkat 20% menjadi 60 juta ton, sementara kontrak pengerjaan pemindahan tanah (overburden removal) turun 3% menjadi 401 juta bcm.
Anak perusahaan UT di bidang pertambangan melaporkan kenaikan pendapatan bersih sebesar 46% dengan kenaikan penjualan batu bara sebesar 51% menjadi 3,4 juta ton, walaupun terjadi penurunan harga rata-rata penjualan batu bara sebesar 7%. Kenaikan biaya bahan bakar juga menurunkan margin laba kotor. United Tractors dan anak usahanya memiliki sembilan tambang batubara dengan total cadangan pada akhir tahun 2013 diperkirakan mencapai 409 juta ton.

Divisi Agribisnis

Laba bersih Divisi Agribisnis naik 91% menjadi Rp 1,1 triliun.
PT Astra Agro Lestari Tbk (AAL), yang 79,7% sahamnya dimiliki oleh Perseroan, melaporkan peningkatan laba bersih sebesar 91% menjadi Rp 1,4 triliun.
Harga rata-rata CPO meningkat 32% menjadi Rp 8.728/kg, sementara penjualan CPO mengalami penurunan sebesar 10% menjadi 675.000 ton, yang disebabkan oleh mulai beroperasinya kilang minyak sawit perusahaan di Sulawesi Barat, yang telah menjual 92 ribu ton olein sepanjang semester pertama tahun 2014.

Divisi Infrastruktur dan Logistik

Laba bersih Divisi Infrastruktur, Logistik dan lainnya turun sebesar 23% menjadi Rp 171 miliar.

PT Marga Mandala Sakti (MMS), operator jalan tol yang mengoperasikan jalur Tangerang – Merak sepanjang 72,5 km, yang 79,3% sahamnya dimiliki oleh Perseroan, mencatat peningkatan volume trafik kendaraan sebesar 4% menjadi 20,8 juta kendaraan dengan tarif rata-rata meningkat 14%.
Jalan tol Kertosono-Mojokerto di Surabaya sepanjang 40,5 km yang 95% sahamnya dimiliki Astra dan mulai diakuisisi pada akhir 2011 masih dalam proses pembangunan. Sesi 1 sepanjang 14,7 km diharapkan bisa mulai beroperasi sebelum akhir tahun 2014, tahap berikutnya akan beroperasi pada tahun 2015, menunggu selesainya proses akuisisi lahan. Bersamaan dengan jalan tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 km yang 40% sahamnya dimiliki oleh Astratel, total jalan tol yang dimiliki Astra adalah 124,2 km.
PT Serasi Autoraya (SERA) mengalami peningkatan pendapatan walaupun jumlah kontrak sewa kendaraan di bisnis rental kendaraan TRAC turun 5% menjadi 30.000 unit. Namun kenaikan tersebut tertekan oleh tingginya biaya operasional sehingga laba bersih turun 25% menjadi Rp 73 miliar.
Anandamaya Residences, proyek residensial yang 60% sahamnya dimiliki Perseroan yang berlokasi di pusat bisnis Jakarta, diharapkan mulai memasarkan unitnya pada kuartal ketiga tahun 2014. Hunian premium ini berjumlah sekitar 500 unit apartemen dan diharapkan akan selesai pada tahun 2018.

Divisi Teknologi dan Informasi

Laba bersih Divisi Teknologi dan Informasi sebesar Rp 84 miliar, naik 53%.
PT Astra Graphia Tbk (AG), sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan agen tunggal Fuji Xerox di Indonesia, yang 76,9% sahamnya dimiliki oleh Perseroan, mencatat laba bersih sebesar Rp 110 miliar, naik 53% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal kedua, Astra Graphia melepas 51% sahamnya di AGIT Monitise Indonesia, dan membukukan keuntungan sebesar Rp 42 miliar.

TENANG BERSAMA TOYOTA “BERAPA PUN USIA TOYOTA ANDA, TOYOTA SIAP SIAGA KEMANA PUN MUDIK ANDA”

PT Toyota Astra Motor kembali menemani perjalanan mudik keluarga Indonesia, dengan menyelenggarakan sejumlah program menyambut Lebaran. Program-program ini merupakan salah satu wujud komitmennya dalam memberikan layanan purna jual terbaik dan apresiasi atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan selama ini.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo, menyebutkan bahwa Toyota mempersiapkan beberapa program yang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman, serta pengalaman mudik terbaik bagi para pelanggan setia.

Salah satu programnya adalah Program Mudik Lebaran di mana Toyota senantiasa menemani para pelanggan pada saat mudik nanti, dengan menyediakan posko dan bengkel siaga yang tersebar di seluruh wilayah nusantara.

Program Mudik Lebaran Toyota tahun ini bertajuk “Toyota Siap Siaga Kemana Pun Mudik Anda” akan diselenggarakan pada 25 Juli—3 Agustus 2014. Untuk mensukseskan program ini, Toyota menyediakan 20 Posko Mudik 24 Jam yang tersebar di sejumlah wilayah di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi.

“Untuk tetap memberikan pelayanan purna jual terbaik kepada para pelanggan, Toyota juga menyiapkan 269 Posko Mudik dan Bengkel Siaga Toyota, yang terdiri dari 20 Posko Mudik Siaga, 9 Bengkel Siaga 24 Jam, serta lebih dari 240 Bengkel lainnya yang tetap dibuka pada saat libur Lebaran,” ujar Rahmat Samulo, dalam acara media gathering yang berlangsung di Posko Mudik Toyota KM57 Cikampek, hari ini.

Melalui program ini, para pelanggan diharapkan dapat merasakan perjalanan mudik yang lancar, aman, dan menyenangkan. Hal itu tidak hanya disebabkan oleh kondisi kendaraan yang prima karena sudah diservis jauh-jauh hari sebelumnya, melainkan juga tanpa adanya kekhawatiran karena Toyota akan selalu menemani perjalanan mudik pelanggan pada saat cuti bersama.

Untuk semakin menguatkan tagline “Berapa pun Usia Toyota Anda, Toyota Siap Siaga Kemana pun Mudik Anda” yang diusung dalam program tahun ini, para pelanggan dapat menikmati sejumlah fasilitas gratis di posko mudik Toyota sepanjang jalur mudik.

Beberapa fasilitas gratis yang diberikan kepada pelanggan antara lain free wifi, ruangan ber-AC, makanan dan minuman, kursi pijat, dan khusus di Posko Cikampek terdapat area kids corner free Starbucks bagi 50 pengunjung pertama setiap harinya.

Di bagian lain, Rahmat Samulo menghimbau para pelanggan Toyota untuk semakin meningkatkan kesadaran akan keamanan dan keselamatan saat berlalu lintas, khususnya pada saat mudik Lebaran.

Untuk kendaraan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Para pengguna diharapkan melakukan persiapan awal dengan mengecek kendaraan, seperti kondisi suspensi, ban, rem, ataupun melakukan penggantian oli.

Tidak hanya mempersiapkan kendaraan, pengendaranya pun diharapkan dapat memperhatikan beberapa hal berikut seperti:

  1. Mempersiapkan kondisi tubuh yang sehat dan fit untuk menjaga konsentrasi selama mengemudi.
  2. Selalu mengenakan sabuk pengaman selama di perjalanan.
  3. Selalu memperhatikan dan menyesuaikan posisi tubuh ideal dalam mengemudi.
  4. Tidak menggunakan HP selama mengemudi, dan jika mendesak untuk menggunakannya maka sebaiknya tepikan kendaraan dan berhenti sejenak di tempat yang aman.
  5. Selalu menjaga jarak aman kendaraan.
  6. Siap sedia dengan perlengkapan kondisi darurat seperti kunci set, kunci roda, dongkrak, dan kotak P3K.
  7. Melengkapi diri dengan identitas diri dan surat-surat kelengkapan kendaraan.
  8. Untuk mempermudah perjalanan, tidak ada salahnya jika melengkapi diri dengan peta ataupun GPS.
  9. Mempersiapkan makanan dan minuman yang cukup selama di perjalanan.

Selain program-program yang sudah disebutkan di atas, Toyota bersama dengan operator telekomunikasi Telkomsel dan XL bekerja sama untuk membuka jalur informasi seputar mudik, yang dapat diakses melalui telpon selular di nomor *898#.

Sejumlah informasi yang bisa diakses melalui nomor tersebut antara lain:

  1. MUDIK NYAMAN:  Posko Mudik, Bengkel Siaga, Program Mudik
  2. TIPS : Smart Driving, Perawatan Mobil
  3. INFO HARGA TOYOTA
  4. MOBIL TOYOTA: Spesifikasi dan pilihan warna
  5. PROMO: Program penjualan dan program marketing dari Toyota
  6. DEALER: Daftar alamat dealer dan telpon seluruh Indonesia
  7. TOYOTA APLIKASI: Toyota Move, E-Catalog
  8. CALLCENTER: Nomor call center

Dalam kesempatan yang sama, Rahmat Samulo melepas rombongan perwakilan pengguna kendaraan Toyota yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Rombongan terdiri dari puluhan kendaraan Toyota yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Sebelumnya, Toyota juga sudah menghadirkan Program Paket Mudik Jelang Lebaran, yang berlangsung pada 23 Juni—12 Juli 2014 di seluruh bengkel resmi Toyota yang terbesar di seluruh wilayah nusantara.

Program ini bertujuan untuk mempersiapkan perjalanan mudik yang lancar, aman, dan nyaman jauh-jauh hari sebelum mudik Lebaran. Toyota menyediakan paket mudik bagi pelanggan setianya, berupa diskon jasa servis dan parts hingga 30%.

Diskon tersebut terdiri dari 25% diskon untuk biaya jasa servis (khusus booking) untuk kendaraan dengan kilometer 100.000Km atau lebih, serta 15% diskon jasa servis (khusus booking) untuk kendaraan dengan kilometer di bawah 100.000Km.

Selain diskon biaya jasa servis, potongan sebesar 10% diberikan untuk Iridium Spark Plug dan Automatic Transmission Fluid (ATF D II & D III), sebesar 5% untuk Spark Plug, Toyota Genuine Battery (TGB), serta Toyota Genuine Gear Oil (TGGO) & Manual Transmission Fluid (MTF).

Diskon sebesar 5% juga diberikan untuk safety parts seperti V-belt, Disc Clutch, Wiper Blade, Brake Pad, Brake Shoe, Wiper & Wiper Motor, serta tambahan diskon suku cadang Kijang Kapsul sebesar 5% untuk Brake Pad, Brake Shoe, Air Filter, dan Oil Filter.

Pemberian diskon juga diberikan untuk Toyota Motor Oil (TMO), yakni potongan sebesar 30% untuk TMO Full Synthetic. Adapun, untuk TMO Synthetic diberikan potongan harga sebesar 10%.

Diskon Paket Mudik Toyota:


Posko Siaga Toyota (20 Posko)

POSKO SIAGA 24 JAM
(25 Juli – 3 Agustus 2014)

No Telpon

No

Lokasi

Alamat

Sumatera

1 Tebing Tinggi* SPBU 14 205 156 Pasar Bngkel Jl Raya Medan – Tebing Tinggi KM 41 Pasar Bengkel – Kab.Serdang Bedagai 0812 8687 6803
2 Kampar* Depan Mesjid Taqwa Tanjung Alai Jl Lintas Pekanbaru – Sumatera KM 105 Tanjung Alai Kec XIII Koto, Kampar-Riau 0812 8687 6804
3 Inhu Cucian Jaya Service – Inhu Jl Lintas Timur KM 6 Pemetang Reba Kec Rengat Barat, Inhu-Riau 0812 8687 6805

Jawa Barat

4 Merak Banten* Rest Area Tol Merak – Jakarta KM 68 Rest Area Tol Merak – Jakarta KM 68 0812 8687 6806
5 Cirebon* Rest Area Tol Palikanci KM 226-227 Rest Area Tol Palikanci KM 226-227 0812 8687 6807
6 Nagrek* RM Asep Stroberi Jl. Raya Andir Kulon KM.01 Nagrek-Bandung 0812 8687 6808
7 Tol Cikampek* Tol Cikampek Rest Area KM 57 Tol Cikampek Rest Area KM 57 0812 8687 6809
8 Cisarua* Hotel Puncak Raya Jl Raya Puncak, Km 80, Cisarua 0812 8687 6811
9 Cipanas* RM Rindu Alam 2 Jl. Raya Cimacan , Puncak Cipanas 0812 8687 6813

Jawa Tengah

10 Batang* Rumah Makan Sate Kreyes Jl. Raya Tulis Kab. Batang 0812 8687 6814
11 Sampang RM. Intan Jl. Raya Sampang – Buntu, Sampang, Cilacap 0812 8687 6816

Jawa Timur

12 Caruban* RM Saradan Asri Jl Raya Saradan KM 144, Caruban – Madiun 0812 8687 6817
13 Paiton* SPBU 54 683 10 / Restaurant Utama Raya Jl. Raya Banyuglugur – Situbondo (3 KM arah timur PLTU Paiton) 0812 8687 6819
14 Tuban* RM Wahyu Utama Tugu Perbatasan Jateng – Jatim, Bancar, Tuban 0812 8687 6820

Bali

15 Tabanan* SPBU 54 821 11 Selabih Selabih, Lalang Linggah, Selemadeg Barat, Tabanan 0812 8687 6821
16 Bedugul* Objek Wisata Danau Beratan  Jl Raya Denpasar-Bedugul km.51, Bedugul Bali 0812 8687 6822

Sulawesi

17 Barru* Gedung Al Masdar Al Ittihad Jl. Poros Makassar – Barru (Jl. Sultan Hasanuddin. Kec. Barru Kab. Barru) 0812 8687 6823
18 Jeneponto Depan Pasar Induk Turatea Jl. Poros Makassar – Jeneponto (Jl. Pahlawan Karisa. Kab. Jeneponto) 0812 8687 6824
19 Parigi Pertigaan Toboli Jl. Trans Sulawesi, Kel. Toboli, Kec. Parigi Utara, Kab. Parigi Moutong 0812 8687 6826
20 Konawe Selatan Sales Point Unaaha Jl. Poros Kendari – Kolaka (Jl. Diponegoro No. 185 Kel. Tobeu, Kec. Unaaha, Kab Konawe – Sul-Tenggara) 0812 8687 6827

*) di tenda servis Toyota tersebut, terdapat layanan light service pengecekan AC oleh tim DENSO

 

Bengkel Siaga 24 Jam (9 Bengkel)

BENGKEL SIAGA 24 JAM
(25 Juli – 3 Agustus 2014, 23 Desember – 1 Januari 2015)

No

Nama Bengkel

Alamat

Telepon

21

AUTO 2000 – Bogor

Jl. Siliwangi 76, Bogor

(0251) 8342000,

8314265

22

AUTO 2000 – Pasteur, Bandung

Jl. Djunjunan No. 192 Bandung

(022) 2000100,

2000500

23

AUTO 2000 – Ahmad Yani, Surabaya

Jl. Jend. A.Yani 210, Surabaya

(031) 8282000,

8291212

24

Nasmoco Pemuda Semarang

Jl. Pemuda 72 Semarang

(024) 3540550,

0813.2572.9000 (hot line)

25

Nasmoco Mlati Jogjakarta

Jl. Raya Magelang Km.7 Mlati, Sleman Yogyakarta

(0274) 868808,

081.5688.3160 (hot line)

26

Nasmoco Slamet Riyadi Solo

Jl. Slamet Riyadi 558 Solo

(0271) 715355,

0813.2904.9000 (hot line)

27

Nasmoco Magelang

Jl. Raya Magelang Yogya Km.5 Mertoyudan Magelang

(0293) 326871,

0813.2805.8974 (hot line)

28

Surya Indah Motor Kudus

Jl. Raya Kudus – Pati Km.4 Kudus

(0291) 433215,

0291.3331177 (hot line)

29

Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.115 Tegal

(0283) 353888,

0815.4804.7400 (hot line)

240 Bengkel Tetap Buka (Tidak 24 Jam)

Bengkel Tetap Buka Toyota 2014 terdiri dari 2 jenis, yaitu:

a.       Bengkel Tetap Buka (Lebaran dan Hari Libur tetap buka)

b.      Bengkel Tetap Buka (Lebaran tutup dan hari libur buka)

Diskon Paket Mudik Toyota:

Posko Siaga Toyota (20 Posko)

POSKO SIAGA 24 JAM
(25 Juli – 3 Agustus 2014)

No Telpon

No

Lokasi

Alamat

Sumatera

1

Tebing Tinggi*

SPBU 14 205 156 Pasar Bengkel

Jl Raya Medan – Tebing Tinggi KM 41 Pasar Bengkel – Kab.Serdang Bedagai

0812 8687 6803

2

Kampar*

Depan Mesjid Taqwa Tanjung Alai

Jl Lintas Pekanbaru – Sumatera KM 105 Tanjung Alai Kec XIII Koto, Kampar-Riau

0812 8687 6804

3

Inhu

Cucian Jaya Service – Inhu

Jl Lintas Timur KM 6 Pemetang Reba Kec Rengat Barat, Inhu-Riau 

0812 8687 6805

Jawa Barat

4

Merak Banten*

Rest Area Tol Merak – Jakarta KM 68

Rest Area Tol Merak – Jakarta KM 68

0812 8687 6806

5

Cirebon*

Rest Area Tol Palikanci KM 226-227

Rest Area Tol Palikanci KM 226-227

0812 8687 6807

6

Nagrek*

RM Asep Stroberi

Jl. Raya Andir Kulon KM.01 Nagrek-Bandung

0812 8687 6808

7

Tol Cikampek*

Tol Cikampek Rest Area KM 57 

Tol Cikampek Rest Area KM 57 

0812 8687 6809

8

Cisarua*

Hotel Puncak Raya

Jl Raya Puncak, Km 80, Cisarua

0812 8687 6811

9

Cipanas*

RM Rindu Alam 2

Jl. Raya Cimacan , Puncak Cipanas

0812 8687 6813

Jawa Tengah

10

Batang*

Rumah Makan Sate Kreyes

Jl. Raya Tulis Kab. Batang

0812 8687 6814

11

Sampang

RM. Intan

Jl. Raya Sampang – Buntu, Sampang, Cilacap

0812 8687 6816

Jawa Timur

12

Caruban*

RM Saradan Asri

Jl Raya Saradan KM 144, Caruban – Madiun 

0812 8687 6817

13

Paiton*

SPBU 54 683 10 / Restaurant Utama Raya

Jl. Raya Banyuglugur – Situbondo (3 KM arah timur PLTU Paiton)

0812 8687 6819

14

Tuban*

RM Wahyu Utama

Tugu Perbatasan Jateng – Jatim, Bancar, Tuban

0812 8687 6820

Bali

15

Tabanan*

SPBU 54 821 11 Selabih

Selabih, Lalang Linggah, Selemadeg Barat, Tabanan

0812 8687 6821

16

Bedugul*

Objek Wisata Danau Beratan

 Jl Raya Denpasar-Bedugul km.51, Bedugul Bali

0812 8687 6822

Sulawesi

17

Barru*

Gedung Al Masdar Al Ittihad 

Jl. Poros Makassar – Barru (Jl. Sultan Hasanuddin. Kec. Barru Kab. Barru)

0812 8687 6823

18

Jeneponto

Depan Pasar Induk Turatea 

Jl. Poros Makassar – Jeneponto (Jl. Pahlawan Karisa. Kab. Jeneponto)

0812 8687 6824

19

Parigi

Pertigaan Toboli

Jl. Trans Sulawesi, Kel. Toboli, Kec. Parigi Utara, Kab. Parigi Moutong

0812 8687 6826

20

Konawe Selatan

Sales Point Unaaha

Jl. Poros Kendari – Kolaka (Jl. Diponegoro No. 185 Kel. Tobeu, Kec. Unaaha, Kab Konawe – Sul-Tenggara)

0812 8687 6827

*) di tenda servis Toyota tersebut, terdapat layanan light service pengecekan AC oleh tim DENSO