Cegah Kaca Jendela Macet dengan Dua Langkah

Bagi pengendara yang kendaraannya sudah dilengkapi power window, periksalah kaca jendela pintu sebelah kanan. Tekan tombol power window. Kemungkinan besar, kaca jendelanya masih normal-normal saja. Sekali tekan, kaca turun atau naik dengan lancar.

Tapi, coba lakukan hal yang sama pada kaca jendela bagian belakang sebelah kiri maupun kanan. Jangan-jangan, salah satu atau kedua kaca jendela pintu tersebut tidak dapat turun naik selancar kaca jendela kanan depan. Terasa agak tersendat-sendat. Bahkan macet sama sekali.

Begitulah keluhan mengenai power window yang disampaikan para pengendara pada umumnya, yaitu: macet pada kaca jendela belakang. Kaca jendela sebelah depan kanan relatif lebih lancar karena memang sering dioperasikan.

Pada umumnya kemacetan ini terjadi karena karat pada komponen-komponen power window. Biasanya karat-karat itu ada di logam-logam regulator. Karat itu juga seringkali ditemukan di gigi-gigi penggerak motor power window. Karat itu sendiri terbentuk karena air yang masuk lewat karet-karet (seal) pintu.

Karena itu, untuk mencegah kasus seperti ini, ada beberapa hal sederhana yang harus kita lakukan:

  • Ganti karet list kaca apabila karet tersebut sudah mengeras dan rusak. Seal yang tidak menutup secara sempurna inilah yang membuat air menerobos dan masuk sehingga membuat karat di logam-logam tersebut.
  • Sering mengoperasikan power window. Baik pada kaca jendela pintu depan maupun belakang. Pengoperasian ini dapat meminimalisir proses korosi.

Dengan dua hal ini, kemungkinan power window macet dapat kita hindari. Tapi, jika kemacetan ini sudah terjadi, solusinya juga mudah. Yaitu, tinggal membersihkan karat dan melumasi (memberi gemuk/grease) logam-logam tadi.

Cuma, perlu diketahui bahwa untuk membongkar dan menyentuh motor power window sedikit agak rumit. Anda perlu membuka banyak baut yang terpasang pada pintu-pintu mobil. Hati-hati bila ingin melakukannya sendiri.

Beberapa tips penanganan power window macet menyebutkan langkah-langkah yang tampak mudah. Mulai dari membongkar door trim, membuka tuas pemutar kaca, mencopot sakelar power window hingga membersihkan dan melumasi logam yang berkarat.

Tapi, menurut hemat kami, sebaiknya serahkan penanganan power window macet ke para mekanik di bengkel saja. Sebab, bila Anda salah membuka, bukan tak mungkin ada bagian yang justru patah. Selain itu, berhubung kunci-kunci dan baut cukup banyak, kemungkinan salah pasang pun bisa saja terjadi.

(AstraWorld)

Go back to previous page