Toyota Kuasai Dunia 4 Tahun Berturut-turut

Tokyo -Toyota masih tercatat sebagai merek mobil paling laris di dunia, bahkan dalam empat tahun berurut-turut. Tahun lalu, pabrikan ini berhasil melego kendaraan bermotor sebanyak 10.151.000 unit.

Seperti dilaporkan Autoevolution, Toyota masih mengungguli merek asal Jerman, Volkswagen (VW) yang menjual 9.930.000 unit dan General Motors (GM) yang melego 9,8 juta unit.  Sepanjang semester pertama 2015, VW memang sempat menyisihkan Toyota dalam penjualan.

Namun, laju penjualan VW melambat setelah pada September tersengat skandal uji emisi mesin diesel. Dalam kasus ini, VW dituding telah melakukan kecurangan dengan menambahkan perangkat tertentu untuk mengelabui tingkat emisi gas buang hasil pembakaran mesin.

Hanya, meski masih tercatat sebagai merek terlaris, namun penjualan Toyota sepanjang 2015 itu turun 0,8 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2014, Toyota membukukan penjualan 10.230.000 unit, sementara VW menjual 10.140.000 unit.

Sejumlah kalangan menilai, jika VW tak tersandung skandal emisi, maka pertempuran dengan Toyota dalam penjualan akan berlangsung sengit. Sedangkan pada 2014, GM berhasil melego 9.920.000 unit.

Sebelum Toyota merajai dunia, GM adalah merek terlaris. Bahkan gelar juara penjualan tersebut dipegangnya hingga tujuh dekade.

GM kehilangan mahkota penjualan Toyota pada tahun 2008 yakni saat Amerika Serikat dibelit krisis ekonomi dan pabrikan itu menghadapi masalah keuangan. Perusahaan Amerika sempat kembali memimpin penjualan global selama satu tahun, yakni pada 2011.

Pada saat itu, Jepang dilanda tsunami dan gempa bumi, sehingga proses produksi produsen mobil terganggu. Toyota mulai berpikir untuk menggenjot penjualan di pasar negara berkembang, dan memndayagunakan Daihatsu yang sahamnya juga telah dimilikinya.

Selain itu, Toyota juga terus menggenjot penjualan varian berteknologi hybrid. Kini, untuk masa depan, Toyota telah mengembangkan mobil berbahan bakar hidrogen, Toyota Mirai.

Arif Arianto – detikOto

SEMINGGU LAUNCHING, PENJUALAN ALL NEW FORTUNER SUDAH 2000 UNIT

Jakarta – Auto2000 kembali mendobrak pasar di segmen 4×2 SUV High. Baru seminggu All New Fortuner diperkenalkan oleh Toyota Astra Motor, dealer dengan kontribusi terbesar terhadap penjualan Toyota ini sudah mencatat penjualan sebanyak 2000 unit. Wajah baru Fortuner ternyata menjadi perhatian bagi masyarakat sehingga dapat mendongkrak penjualan Auto2000 di awal tahun 2016 ini.

Agus Prayitno selaku Chief Executive Auto2000 pun menyampaikan bahwa Angka 2000 unit penjualan All New Fortuner terwujud juga karena adanya kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu dealer ini tidak main – main dengan pelayanannya. “Untuk memberikan pengalaman yang terbaik dalam memiliki kendaraan Toyota, kami akan terus menjaga kualitas dan pelayanan kami” Ujar Agus.

All New Fortuner hadir dengan 6 line up dengan 3 tipe utama yaitu, VRZ dan SRZ sebagai grade terbaru, serta G. Tercatat selama tujuh hari penjualan All New Fortuner melalui Auto2000, tipe VRZ 4×2 mendominasi penjualan sebesar 1.431 unit dengan persentase 70% dari total penjualan All New Fortuner. “Baru seminggu All New Fortuner diluncurkan ternyata masyarakat sudah memberikan respons yang positif, dan yang menarik, variant yang banyak dicari pelanggan adalah tipe VRZ 4×2 yang merupakan salah satu dari tipe terbaru yang diluncurkan” Ujar Martogi Siahaan selaku Chief Marketing Auto2000. Secara urut komposisi penjualan All New Fortuner 4×2, yaitu tipe G dengan 14%, dan tipe SRZ sebesar 8%. Dan untuk All New Fortuner 4×4, yaitu tipe VRZ sebesar 6% dan tipe G sebesar 2%.

Tidak hanya line up baru, ternyata kendaraan produk asal Pabrik Toyota Karawang – Indonesia ini pun memiliki beragam penambahan fitur baik dari tampilan hingga pilihan warna. Terdapat tiga warna yang menonjol dalam penjualan Fortuner di Auto2000. “Selama seminggu penjualan kami, ada tiga warna favorit, yaitu Attitude Black Mica, Super White II, dan Phantom Brown yang merupakan warna baru” Ujar Martogi. Martogi pun menambahkan 92% dari total penjualan Fortuner baru didominasi oleh Diesel, dan hal ini sesuai dengan prediksi Toyota Astra Motor dengan menghadirkan varian diesel lebih banyak dibandingkan dengan bensin. Automatic Transmission pun lebih banyak peminatnya jika dibandingkan dengan Manual Transmission, dengan komposisi 92% untuk A/T.

All New Fortuner yang sebelumnya diluncurkan pada tanggal 22 Januari lalu pun tidak hanya hadir di Jakarta, tetapi hadir juga di beberapa kota besar lainnya seperti Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung dan Padang. Dan untuk masyarakat Kalimantan, All New Fortuner akan hadir di Balikpapan di bulan Februari mendatang.

share