Toyota Indonesia Optimistis Ekspor Tahun Ini Naik 10 Persen

Jakarta -Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) optimistis mampu mencapai target pertumbuhan ekspor 10 persen atau sebanyak 175.000 unit pada sepanjang tahun ini. Soalnya, dalam waktu lima bulan, yakni dari Januari hingga Mei ekspor yang dilakukan telah mencapai 75.300 unit.

“Dengan sisa waktu masih cukup panjang yaitu sekitar tujuh bulan, diharapkan target ekspor CBU bisa tercapai,” tutur Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, dalam siaran pers yang diterima detikOto, Senin (29/6/2015).

Menurit Warih, pencapaian sepanjang lima bulan pertama itu setara dengan 43 persen dari target yang diterapkan, 175.000 unit. Adapun tahun lalu, realisasi ekspor mencapai 160.000 unit.

Melonjaknya kinerja ekspor sepanjang 2014 lalu tak lepas dari dipercayanya TMMIN oleh Toyota Motor untuk mengekspor sedan Toyota Vios yakni sebanyak 27.700 unit. Tujuan ekspor mobil ini adalah Negara-negara di kawasan Timur Tengah.

Sementara di tahun ini, sepanjang Januari hingga Mei ekspor Vios telah mencapai 19.100 unit atau sekitar 25,4 persen dari total realisasi ekspor. “Melihat tren permintaan Vios yang cukup besar, kami optimistis kinerja ekspor mobil ini bakal lebih baik dibanding tahun lalu,” ucap warih.

Namun, penyumbang angka ekspor terbesar masih dibukukan oleh Toyota Fortuner. Dalam waktu lima bulan, mobil ini telah diejspor sebanyak 21.500 unit atau 28,6 persen dari total ekspor.

Model lain yang diekspor adalah Kijang Innova yang sebanyak 7.000 unit atau sekitar 9,3 persen, Toyora Rush, Yaris, Town Lite Ace, serta Agya sebanyak 27.700 unit atau sekitar 36,8 persen.

Selain ekspor dalam bentuk utuh, Toyota Indonesia juga mengekspor dalam wujud terurai (CKD) dengan volume 6.700 unit. Ekspor ini tercatat mencapai 21.100 unit sebagai besar berupa mesin berbahan bakar bensin sebanyak 17.100 unit dan sisanya berbahan bakar ethanol sebanyak 4.000 unit.

Selain itu juga terdapat komponen kendaraan yang sebanyak 24,6 juta buah.

Arif Arianto – detikOto

Jalani Ramadan, Komunitas Innova Berbagi Kepada Sesama

Jakarta -Menjalani bulan suci Ramadan, Innova Community menggelar bakti sosial di Panti Asuhan Putri dan Balita Al – Qi Ceria kota Bogor. Kegiatan betema Ramadan Share With Us yang digelar akhir pekan lalu itu dimaksudkan sebagai perwujudan rasa kasih dan toleransi kepada sesama.

“Ramadhan, Share With Us” ini adalah cita cita kami, berbagi, dan peduli terhadap sesama, menghilangkan kesan bahwa komunitas adalah ajang hura hura. Di Innova Community kami bukan sebuah club, tapi kami adalah sebuah keluarga besar yang penuh kasih dan peduli terhadap sesama,” papar Ketua Umum Innova Community, Nugraha Reza dalam siaran pers yang diterima detikOto, Senin (29/6/2015).

Acara yang mendapat dukungan PT Toyota Astra Motor diikuti 30 member dan 15 mobil itu saat berangkat dibagi dalam beberapa grup. Hal itu, kata Reza, dimaksudkan agar tak menggangu kegiatan para pengguna jalan lainnya.

Setibanya di tempat tujuan, para Innovers berkesempatan melihat ketrampilan para penghuni panti. Setelah itu, mereka mengikuti acara tausyiah yang dilanjutkan dengan berbuka dan sholat maghrib bersama pengurus dan para anak asuh di panti.

“Alhamdulillah semua member Innova senang mengikuti acara Bakti Sosial Innova Community karena disana mereka bisa belajar untuk bersyukur dan berbagi,” ucap Reza.

Innova Community merupakan komunitas pengguna Toyota Kijang Innova yang telah memiliki member sebanyak 1500 orang yang tersebar di seluruh chapter di Indonesia. Selain menggelar turing bersama keluarga dan modifikasi kendaraan, salah satu agenda kegiatan komunitas ini adalah melakukan kegiatan sosial seperti berbagi terhadap sesama, penanaman pohon, dan juga kampanye mengenai safety driving

Arif Arianto – detikOto