Toyota Levin Hadir dengan Versi Hybrid

Shanghai -Toyota Motor Corporation resmi meluncurkan sedan Levin versi hybrid di pameran otomotif Auto Shanghai 2015, Tiongkok. Levin adalah Toyota Corolla yang diproduksi Toyota bersama dengan mitra lokalnya di Negeri Tirai Bambu itu.

Debut Toyota Levin versi konvensional di Tiongkok pada April tahun lalu di gelaran Beijing International Automobile Exhibition 2014. Sementara versi hybrid yang saat ini tengah dipajang di Shanghai adalah versi baru.

Sedan ini mengusung dua sumber tenaga yakni mesin konvensional dan motor listrik. Berkat nama dan teknologi yang diusungnya itulah, sedan anyar itu berhasil membetot perhatian pengunjung pameran.

Di Negeri Tirai Bambu itu, Toyota memiliki usaha patungan dengan FAW (FAW Toyota) dan GAC (GAC Toyota). Levin Hybrid dijadwalkan akan dirilis di pasar Tiongkok di bawah GAC Toyota.

Minoru Moriwaki – detikOto

Toyota Pertahankan Posisi Puncak Dunia

Tokyo, Wolfsburg, Detroit -Toyota kembali mempertahankan posisi puncak mahkota penjualan mobil di dunia mengalahkan General Motors dan Volkswagen. Bedanya memang tipis karena Toyota mencatat penurunan angka penjualan di seluruh dunia.

Toyota dalam siaran pers, Kamis (23/4/2015) selama triwulan pertama 2015, Toyota menjual 2,5 juta unit mengalami penurunan sekitar 2,5 persen.

Sedangkan Volkswagen di sisi lain justru mengalami kenaikan 2,4 persen menjadi 2,49 juta. Sementara General Motors menyebut penjualan mobil mereka mencapai 2,4 juta atau naik 2 persen.

Toyota ‘terluka’ karena penjualan di negeri domestiknya yang turun sangat tajam sampai 14,1 persen. Angka itu sudah termasuk merek lain di grup Toyota yakni Daihatsu dan Hino.

Volkswagen justru mendapatkan angin segar. Hasil ini merupakan hasil yang baik. “Pengiriman kendaraan selama tiga bulan pertama menunjukkan kalau tahun ini akan menjadi tahun yang penuh kesuksesan,” ujar anggota dewan VW untuk penjualan Christian Klinger.

VW diuntungkan dengan kenaikan penjualan di hampir seluruh bagian Eropa, dan juga Amerika Selatan.

Sedangkan GM tengah membangun momentum di Tiongkok, Amerika dan Eropa. “Momentum di kawasan ini mengalahkan kawasan lain yang tengah turun yakni Rusia dan Brasil,” ujar CEO GM Mary Barra.

Dadan Kuswaraharja – detikOto